Gunung Papandayan, Garut - Jawa Barat

Tegal Alun - Papandayan
Perjalanan kali ini, berawal dari perkenalan gw sama temen-temennya Rizka (Temen gw waktu kerja di kantor yang lama) di Kedai Telapak, awalnya sih gw kesana karena nemenin kakak gw, tapi berhubung gw ketemu Rizka, ya udah gw nongkrong bareng dia,, sekalian ngasih waktu buat kaka gw dan temen cowonya itu,, *Ehem. Ternyata 2 dari temen Rizka juga suka naek gunung, dan salah satu temennya, Reza dia bilang mau ke Papandayan, saat itu sih gw ga kepikiran buat ikut, soalnya lagi pengen ke Gede Pangrango. Jadi obrolan ya hanya obrolan aja. 


Seminggu setelah itu, tiba2 gw kepikiran buat ikut, langsung gw sms Reza, buat nanya apa gw bisa ikut, dan Reza bilang bisa, dari situ gw ngajak Iie juga, dan seperti biasa, iie langsung mau. Setelah itu ribet masalah alat, hmm... gw langsung hubungin Abang gw buat minjem alat, dan dia pun langusng mau provide alat buat gw... hahhaa (Kalo urusan naek gunung, dia emang paling dukung!). Gw sempet nanya ke Reza, jumlah yang ikut berapa orang, dia jawab 2 cewe dan 1 cowo, kalo di tambah gw iie jadi 4 cewe, 1 cowo... Hhaaaaa.... #Jleb ditambah kata Reza, kalo semuanya newbie.. Gw sempet worry sih, karena bisanya gw ngintilin Abang gw yang udah biasa. Hihihihihi... Akhirnya gw ngajak Abee, dan dia mau ikut, ngajak Abung dan temennya Duda, #ehhh Yuda maksud gw. Untuk alat udah siap, nanti katanya Bang Darwin (Temen abang gw) yang bakalan bawa, soalnya dia juga bakalan ikut, tapi ternyata ga jadi ikut, padahal gw udah sempet ngerayu2 dia buat ikut,,, hadeuuhhh -_____-"! Gagal! Akhirnya, alat bakalan di ambil Abee di Cileunyi, sekalian abang gw mau balik ke Sumedang.

Hari H, Jum'at 1 Maret 2013
Seperti yang udah kita sepakatin, kita berangkat jam 8 malem dari Bogor, tapi ngumpul semua dulu di Kedai Telapak, berhubung jam 4.30 sore gw udah pulang kerja, jadi gw langsung nunggu di Telapak. disusul jam 6 iie dan Septi dateng, Septi mau melepas kita lho,,,, Dia tuh bawel banget dihari sebelumnya, nanya sama siapa pergi, orangngya gimana, dan maksa pengen ketemu.. (Hahaha.. kadang-kadang, bawelnya ngelebihin Mamah Ayah..., tapi itu bentuk perhatiannya buat gw dan iie,,, dua sahabatnya yang sedikit agak miring.. #eehh). Sambil nunggu Reza dan temen cewenya Indri, kita makan dan malah sempet beberapa kali packing ulang,, #haduuhhh... Sekitar jam 7 Reza datang, dan disusul Indri. Abis itu kita langsung chaw dehhh.... Berangkatttttt....

Rute buat ke Garut adalah, baranangsiang, Kp. Rambutan & Garut.. jadi tujuan pertama kita adalah Kp. Rambutan, karena satu temennya Indri nunngu disana. sementara Abee, Abung dan Yuda nunggu di Cileunyi. Sampai di Kp. Rambutan, gw kira cuman kita doang,, ternyata udah ada lumayan banyak orang dengan carriernya yang ternyata tujuannya sama yaitu ke Gn. Papandayan.Selama nunggu, gw sempet ngobrol bareng mba Raya (nama aslinya Indonesia), dia cerita ini pertama kalinya dia naek, hobby travelling, tapi dengan cara "Hitchhiking" traveling dengan cara menumpang kendaraan atau nama kerennya "nebeng". Denger cerita dia seru,, jadi pengen nyoba...  Hahaha..


Sekitar jam 9.30 malem kita masih nunggu temennya, Abee dan kaka gw udah rame smsin gw, "Udah dimana? mau berangkat jam berapa? kalo naek bis cari yang lewat tol cipularang, udah makan? dan bla bla bla", mungkin sekitar jam 10, temennya Indri yang ditunggu2 juga datang, Cowo berkacamata yang berjalan santai dengan carriernya, ya,, ini Adrian.. Jadi kita sudah complete semua, Gw, iie, Reza, Indri dan Adrian. awalnya kita mikir buat bareng sama anak2 backpack Jakarta, tapi mereka masih nunggu dua orang lagi, tapi akhirnya gw ngajak berangkat dulu, soalnya Abee udah nelponin dengan nada yang agak aneh,, gw bisa ngebayangin mukanya dia, klo lagi pundung pasti makin sipit tuh mata.. :)) #Pisss Abee

Perjalanan ke Garut bisa memakan waktu sekitar 4 - 5 jam., didalem bis ga cuman kita berlima, tapi ada 1 rombongan yang hampir setengah dari bis... Sampe di cileunyi kira2 jam 1 dini hari, selama perjalanan gw ga tidur loh,, sedangkan isna?? dia mah nyenyak as always....Gimana mau tidur, klo kelewat gmn?? mana Abee dan Abung Sms terus.... untung kondisi Bis ga terlalu penuh kyk di Kp. Rambutan tadi, paling yg bikin penuh cuman sama carrier... 

Sabtu, 2 Maret 2013 
Jam 3 subuh, bis udah sampe di Terminal Guntur, tapi kita memilih buat istirahat dulu di Mesjid sekitar terminal, dan lagi2 kita ketemu sama rombongan yang lagi pada tidur di mesjid.. hahaha,, kayak ikan cuekkkk,,, hahhaa.. #maaf maaf. Awalnya sih gw bawa tidur,, tapi gmn bisa, orang malah pada bercanda... -______-"! secara si Abee ga bisa berenti ngelucu terus sampe jam 6 pagi, kita siap lanjutin perjalanan ke Ds. Cisurupan (kaki Gunung Papandayan)

Walaupun muka pada lusuh, yang penting semangat ga ikut lusuh donggg!
Menurut hasil dari browsing, untuk ke Ds. Cisurupan kita bisa carter angkot, atau mobil omprengan, nanti dilanjutkan dengan naek mobil pick up ke Pos pendakian Gn. Papandayan. Disini juru tawar menawarnya adalah Abee, awalnya angkot minta 10rb/org, tapi Abee masih kekeuh dengan pendiriannya yang cuman mau bayar 5000/orang.. Luar biasaaa.... Matahari mulai nunjukin sinarnya, tapi Abee masih aja kekeuh, dan para calo angkot pun kekeuh,, yo wiss nungguan weh atuh #EhSundanyaKeluar. Kita sempet ketemu sama 2 pasangan yang mau naek juga, pas abee tanya mereka bayar ongkos berapa dan mereka menjawab 10,000. abee lgsung mengdoktrin mereka, dengan bilang "ongkosnya 5rb" langsung lah mereka turun dari angkot itu, padahal barangnya udh naek diatas mobil.. Hahaha #AbeeSomplak. Kita juga ketemu dua mas-mas yang mau naek juga, nambahin pasukan, biar ongkos makin murah... hihihihi. Namanya Mas Adit dan Mas Yohan, sempet cerita juga, kalo ini adalah Gunung pertama di tanah sunda yang mereka daki. terminal makin sepi, orang2 kykny udh hampir naek semua, akhirnya, kita cuman naekin 1000, dan jadi berangkattttt..... (Perjuangan Abee itu kita bisa hemat 4000... Hahahahhaa)

Sebelum naek angkot, narsis dulu
(Gw, Yuda, iie, Mas Adit, Mas Yohan, Indri, Abung, Adrian)
Mobil amat sangat sesak dan padet, 14 orang ditumpuk jadi satu. gw didepan berdua sama iie... Lagi-lagi selama perjalan ngobrol dan bercanda terus, tukeran makan (read : gw minta cemilan orang makin lama pemadangan makin indah, didepan udah terlihat barisan bukit2 Gn. Papandayan, dan disebelah kiri, berdiri dengan kokoh Gunung Cikuray, cantik, dengan pemandangan sawah di kaki gunungnya seolah sedang merayu mata dan mengajak untuk kesana. Mata ga berhenti menatap... ya Satu lagi ciptaan Allah.. masih banyak "satu lagi" yang ga akan ada abisnya... One day, I'll be there..

Disana... Cikuray...
Setelah kurang lebih 45 menit perjalanan, kita tiba di Ds. Cisurupan (Ds. yang berada dikaki Gunung Papandanya). Untuk ke pos pendakian kita harus carter pickup, tidak sulit untuk mendapatkan pickUp, disana sudah ada berjejer pickup2, karena memang juga sedang musim pendakian. Lagi2 perlu penawar handal supaya bisa murah.. dan lagi-lagi Abee.. kita sih nunggu aja... *hihihihi. Kyknya waktu itu hanya kita cuman bayar Rp. 11,000/orang.

Desa Cisurupan,,, Here we gooooo
Trek yang lumayan jauh untuk ke Pos, ditambah kondisi jalan yang ga baguss,,, gw malah ga berani nenggok kebelakang,,, nyeremin bangettt,,,,, kita semua berasa dikocok-kocok, gara2 lobang dimana,, pantat pada sakittttt..... *hahhaa. Terlepas dari itu semua, pemandangan barisan bukit2 papadanyan itu indah, dan udara pun panas bercampur sejuk... Ga berenti bersyukur.....

Kira-kira jam 8.30 kita sudah sampai di pos pendakian, untuk masuk kekawasan Gn. Papandayan, kita harus bayar 2,000/org untuk asuransi. Tidak jauh dari Pos, ada lahan parkir yang cukup luas dengan view Tebing. Bagitu tiba, kita beristrahat sebentar,, isi perut dulu yang wajib, oh ya,, disana ada berjejer beberapa warung, yang menyediakan mie rebus, nasi goreng... tapi rasanya kurang terlalu enak,, hehehhee,,, #namanya juga di gunung, Ika.... Setelah semua beres,, kita langsung bawa carrier masing-masing dan Pendakian pun di mulai...

Narsissss duluu.....
"Gunung Papandayan adalah gunung api yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat tepatnya di Kecamatan Cisurupan. Gunung dengan ketinggian 2665 meter di atas permukaan laut itu terletak sekitar 70 km sebelah tenggara Kota Bandung."

Trek pertama yang akan kita lalui adalah kawah, jalan berbatu dan gersang, bau belerang yang sangat menyengat, jadi lebih baik udah sedia masker. Tapi, jalur ini biasa digunakan oleh para penambang juga, jadi jangan heran kalo ada motor-motor yang lewat... Gw sempet heran, gimana mereka dengan lihainya mengendari motor di jalur ini.

 

Walaupun panas, tetap aja ga membosankan. Pemadangan disekitar bener2 ga bikin bosen, karena gw adalah orang yang kadang tidak bisa mendeskripsikan apa yang gw liat, jadi gw cuman bisa bilang,, Subnallahh,, INDAAAAAHHHH... kita sempet ngikutin rombongan lain, yang ngambil jalur lain, tapi dikarenakan tujuan mereka beda, akhirnya kita balik lagi, ke jalur yang memang seharusnya.

picture by Om Beng
Jalur pertama yang kita lewati emang gersang, tapi setelah beberapa lama berjalan, kita akan melihat pemandangan yang hijau, disebelah kanan ada terlihat bukit-bukit yang hijau, kontras banget sama pemandangan di kawah. Hal pertama yang kepikir sama gw adalah film "TWILIGHT" omaygattt!!! Gw ngerasa lagi berdiri disamping Edward,,hahhaa... #ngimpi. Diperjalanan kita ketemu sama Om Beng, pendaki yng sudah cukup berumur, tapi tetep gagah lohh... Dia terpisah dari rombongannya, akhirnya jalan bareng kita deh, jadi makin rame,, secara kayaknya kita orang kelompok terakhir yang naek.
Mas Adit, Gw, Abung, & Om Beng
Jalur selanjutnya adalah Lawang angin, salah satu jalur yang biasa dilalui buat ke Pondok Salada. Lagi lagi mata ga berenti memandang sekitar.. indah indah indahhh.... Sempet minta abee fotoin juga dong.. :D

Foto Ala ABG Galau
Picture By : Om Beng
Kira2 jam 12 siang kita tiba di pondok Salada, disana udah banyak tenda yang berdiri. Ga buang2 waktu, kita langsung cari lapak buat diriin tenda.

Pondok Saladah (Eh tapi itu tenda-tenda orang)
Setelah nyari-nyari lapak ngecamp, akhirnya kita menemukan tempat yang sekiranya bisa ditempati dan terdapat banyak pohon, dekat pula dengan lahan untuk pipis,, ya Kami ngecamp ditempat yg dekat dengan semak-semak... (#BahasaFormal). Dilapak yang sempit itu dipaksain untuk 3 tenda, akhirnya posisi tenda juga amburadul,, klo tenda mas yohan masadit sih,, aman bgt,,, mereka mah milih tempat yg lebih privacy #ehh.. :)).

Sebagian mendirikan tenda, dan sebagian masak makan siang, kalo GW?? hmm,, gw bantuin ngerecokin diriin tenda doang (*alibi biar ga disuruh masak.. hehehe). Tenda sudah berdiri, makanan siap dihidangkan,, Mari makan!!! Selesai makan?? Mari tidurrrrr.... hahahhaa,, tanpa basa basi gw langsung menyusup kedalam tenda dan ZzzzZZzzzzzzz... Nyenyak tidur gw sampe akhirnya ada tetesan air yang mulai ngebasahin badan gw,,, dan ternyata... BOCOOOORRRR... gw, isna, indri, dan abee (yg numpang tidur di tenda cewe) langsung sibuk nyelametinbarang di dalem tenda... Tenda bajir hey,, iya Banjirr (-__-"). Melihat tenda yang yang makin basah,, kayaknya gw ga bisa nunggu ampe di tenda ambruk deh. dengan segera gw pake Ponco gw, dan keluar tenda, bawa piso dan tali (eh tali ini, punya ayah sebenernya,, gw ambil diem2 pas dirumah,, hahaha). gw naliin flysit, dan benerin patok, sama bikinn saluran aer.. ga laama dibantuin sama cowo2 deh,, udah itu lanjut tidurrr...

Hujan lumayan Awet, ditambah kita ngecamp di lapak yang isinya lumpur semua... jadi satu harian itu kita ga bisa ngapa2in, kecuali ambil air di pipa saluran aer yang kyknya sengaja diblongin, masak makanan pun di dalem tenda, ya intinya kita ngapain2 di dalem tenda deh. Ok, rencana besok pagi adalah Sunrise. wacanna sih bangun jam 3 pagi, masak, dan lagusng sunrise.. tpi GAGAL...!

Keesokan paginya.. setelah sarapan, kita langsung berangkat menuju Hutan Mati, salah satu tempat yang paling kudu harus wajib didatengin. Jalan yang dilalui ya lewat saluran air itu, karena ujan seharian kemaren, trek becek bgt,, mana ga ada ojeg lagi... #ihApasihIka. Dijalur ini kita udah bisa lihat hamparan edelwis... Jarak hutan mati dari pondok saladah ga terlalu jauh, mungkin hanya sekitar 20 menit kita udah sampe.

Pemandangan indah sejauh mata memandang, ya ini "Hutan Mati"....

KERENN!!!
Well... ini harus jadi salah satu tempat PreWed gw... !!! (titik). hahhaa...

To be continue....





4 comments:

  1. hei wonder women packer :D,, aku ikut ke papandayan. blom pernah nih

    ReplyDelete
  2. Ayo kapan kita kesana mas??? :D Makasih udh mampir ke Blogku yang serba minim ini... :P

    ReplyDelete
  3. kata teh septi mah setelah lebaran, ikuutt,, atau ke pulau seribu? ngiri liat foto mereka yang udah pernah

    ReplyDelete