Negeri di Atas Awan ~ Cikuray (Garut, Jawa Barat)

~ 11 - 12 Mei 2013 ~


Setelah Gn. Gede - Pangrango, what's next?? Cikuray!!!! Banyak cerita yang gw baca tentang keindahan Negeri di Atas Awan di Gn. Cikuray. Meskipun hampir gagal buat "Silaturahmi" sama Gunung yang terkenal dengan kemistisannya ini, tapi emang rezeki gw aja kali buat kesana. Gw harus bilang, bersyukur waktu itu Papandayan lagi siaga, karena destinasi awal rombongan gw adalah Papandayan, buat nemenin liburan adik2 Mas Adit yang berhasil diracun sama Masnya itu. Tapi daripada liburan ke Gunung gagal, akhirnya beloklah ke Gn. Cikuray, yang sama-sama berada di Garut.

Gunung Cikurai mempunyai ketinggian 2.821 meter di atas permukaan laut dan merupakan gunung tertinggi keempat di Jawa Barat setelah Gunung Gede. Gunung ini berada di perbatasan kecamatan Bayongbong, Cikajang, dan Dayeuh Manggung.

Personil kali ini Gw, Ibo (Abang gw), Teh Septi, Mas Adit, Vita, Ferdi, Fahmi, Imam, Reza, Ridwan, Abee, Dariah & Mas Rizal.. 13 Orang, jumlah  yang tak terduga sebenernya.. Tapi makin banyak makin bagus kan, pengeluaran logistik makin murah juga.. Hehehe..

Seperti biasa, titik awal ngumpul selalu di Kp. Rambutan dan beberapa orang menunggu di Cileunyi. Setelah itu melanjutkan perjalan ke Terminal Garut. Kami ber 13 tiba di Garut kira2 jam 1 dini hari, dan beristirahat di Mesjid sekitar terminal. Sambil menunggu angkutan umum yang bisa mengantarkan ke Pemancar (Titik awal pendakian). 

Mesjid di Terminal Guntur
Juru tawar menawar mobil adalah Ibo dan Abee, jadi yang laen tinggal duduk manis dan istirahat aja. Waktu menunjukan pukul 03.00, angkot yang bakal kita carter juga udah siap, gw lupa waktu itu bayar berapa /orang, tapi lumayan mahal juga sekitar 20rb lebih, karena jarak dari Terminal guntur ke Pemancar cukup jauh. Setelah semua carriel naek semua, angkot pun meluncurr...... Tiba di Ds. Cilawu, jalanan sempit dan padat pemukiman warga, makin lama jalan makin menanjak, kadang angkot aja ga bisa susah jalan. Sampai di perbatasan kebun teh, mendadak supir angkot bilang kalo udah ga bisa lanjutin perjalanan ke Pemancar.. WHATTT!!!!!!! ini diluar kesepakatan sebelumnya.. Abang gw dan supir angkot sempat berdebat sama supir angkotnya, tapi mereka juga kekeuh ga bisa, malah dengan enaknya bilang klo Pemancar itu deket, padahal JAUHHHH WOYY (Asli ini gw nulis bagian ini masih pake emosi loh!!! Kesel pake banget!!!). Parahnya lagi, supir angkot ga mau ngurangin harga awal... padahal perjalanan masih setengahnya... Berhubung kita ada di daerah orang, dengan terpaksa dan KESELL.. kita bayar juga. Kesel, emosi, berasa pengen ngegebugin tuh supir pake keril2 yang kita bawa,, biar tau rasa tuh berat keril kita.. Sebenernya dari beberapa referensi blog2 yang gw baca, kebanyakan dari mereka emang jadi korban PHP supir angkot.

CATATAN UNTUK YANG BERENCANA KE CIKURAY!!!!! PENTING!!!!
Untuk ke Pemancar ini sebenernya bisa naek ojeg dari Ds. Cilawu (dari terminal Guntur tinggal naek angkot), dijamin sampe ke Pemancar... GA PAKE DI PHPin SUPIR ANGKOT.. atau kalo mau jalan dari Ds. Cilawu juga boleh, tapi jauhnya ampun!!!

Nah, special gw BOLD & MERAHIN, supaya ga ada lagi korban-korban supir angkot kayak kita.. Hahahaha...

Dari perbatasan kebun teh ke pemancar ini masih jauh banget kira 2-3 jam perjalanan (ya, secara kami adalah team pecel lele), dengan hati yang masih ngedumel kita tetep jalan. Kira2 kita mulai jalan jam 5 pagi. Udara dingin tidak menghentikan langkah kami, berjalan terus dengan bermodalkan senter hingga langitpun perlahan mulai terang dan garis-garis orange dilangit itu mulai terlihat sangat indah (Kayaknya dibagian ini kata2 gw bagus banget yaa..) :D Gambar dibawah itu cuman hasil jepretan kamera henpon, Subhanallah indah kan, ya dibalik kesusahan (karena di PHPin supir angkot) pasti ada kebahagian #tsahhh..

Langit Pagi di Kebun Teh Kaki Gunung Cikuray
Gerombolan Pecel Lele
Matahari mulai muncul, menghangatkan jiwa2 pendaki yang kedinginan ini #eaa.. Pemandangan kebun teh juga semakin terlihat dengan jelas.. hamparan hijau seperti permadani. 2 jam berjalan menyusuri kebun teh, tapi pemancar masih saja telihat jauh, sesekali kami berhenti untuk istirahat sejenak. sekitar pukul 8 pagi kita tiba di pemancar. Agak gondok sebenernya pas liat ada pendaki lain yang naek ojg ke Pemancar.. hahhahaa..

Nah ini Korban Racun Mas Adit (Mas Adit, Vita, Ferdi)
Pucuk pucuk pucuk
trek alternatif !!! Tanah gembur dan menanjak
Pemancar !!!!! (Narsis sebelum lanjut pendakian)
Pemancar adalah titik awal pendakian sebenarnya, disini masih ada toilet, jadi kalo ada yang mau pee atau panggilan alam mending disini aja deh. Cikuray juga terkenal sebagai gunung yang tidak memiliki sumber air, jadi klo kesini siapin air yang agak banyak. Trek awal, masih kebun teh dan kebun bawang merah (kayaknya), dan setelah itu melewati ilalang2 yang cukup tinggi (kalo mau foto2 ala india bisa disini! hehehehehe). Setelah itu kita akan tiba di batas vegetasi hutan sekaligus adalah Pos 1.

Jalan Ilalang :D
Awal vegetasi hutan
Dari sinilah trek sesungguhnya, jalan yang terus menanjak tanpa bonus dan akar-akar pohon mendominasi. Untuk mencapai pos 2 ini membutuhkan kira-kira 1,5 jam. Di pos 2 ini kita masih bisa menemukan sumber air, yang sekaligus sumber air terakhir.. mangkanya kalo ke Cikuray stok air minum agak banyak. Jarak dari pos 2 ke pos 3 ga kalah jauh sama sebelumnya, mungkin sekitar 1.5 - 2 jam, ya buat tim pecel kayak kita2 gini, malah bisa lebih lama lagi.. kebanyakan istirahat dan kebanyakan foto-foto... Malah klo istirahat bisa ampe tidur bermenit-menit (Itu gw sih, malah kadang ga mau dibangunin, lebih rela ditinggalin ketimbang harus bangun.. hehehehe). karena udah saking capenya dan udah tengah hari juga, akhirnya gw, teh septi, mas adit, vita, dan dariah, ngemil makan siang di jalur menuju ke pos 3. awalnya sih mau istirahat di Pos 3, tapi apalah daya kaki udah lemes dan perut udah lafar, jadilah kita makan (ngemil) dulu.. Kalo gw?? lanjut tidurr pastinyaaaaa.......

Selesai makan, kita lanjut jalan, dan ternyata pos 3 itu bener2 ada didepan doang, yaelahhhhhhh... hahhaa. Jarak dari pos 3 ke pos 4 sebenernya ga terlalu jauh, tapi treknya makin extrem. karena udah kecapean juga, makin berasa jauh lagi aja..

Salah satu foto treknya.. (KAMI WANITA WANITA TANGGUH!) :D
Perjalanan menuju Pos 5 (Puncak bayangan) membutuhkan kira2 1 jam, lagi lagi karena kebanyakan istirahat, bayangin jalan baru beberapa langkah istirahat bisa ampe 5 menit. Kita tiba di puncak bayangan sekitar jam 3 sore, (nah itung deh betapa leletnya kita berjalan :D). Biasanya disini dijadikan tempat ngecamp, karena memang areanya cukup luas dan datar.

Jalur menuju Pos 6 lebih curam dan agak gelap, kalo menurut gw sih hawanya udah beda banget, mungkin karena hari udah semakin sore dan agak mendung juga. Waktu itu gw jalan berdua sama Dariah, soalnya yang lain masih istirahat di Puncak bayangan. Kecuali 3 cowo itu (Ferdi, Fahmi & Imam) kayaknya sih mereka udah sampe puncak duluan.

Setelah tiba di pos 6, gw minta istirahat dulu, sambil nunggu yang lain, karena rencana mau ngecamp di puncak. tapi cuaca ga dukung, tiba2 hujan turun. Dan akhirnya kita diriin tenda di Pos 6 dalam keadaan hujan deras. (Kalo lagi situasi kayak gini, gw kadang ngebayangin film horor.. hahhaha).

Setelah tenda berdiri kokoh, semua masuk tenda, waktu itu ada 3 tenda,1 untuk cewe, 1 untuk cowo, dan satu untuk barang2. Bebersih udah, anget udah lumayan, tinggal makan... Tapiii.. gimana mau masak, orang nesting dan kompor ada di 3 cowo yang untuk di puncak duluan.. #Jlebbb... Akhirnya, cuman ngemil snack seadanya, dan nahan lafarrr semaleman.

Summit Attack
Pos 6 ini, memang tempat yang tepat buat nyantai.. untuk ke Puncak cuman butuh kira-kira 15-30 menit aja. dengan jalur yang masih curam, bebatuan dan agak rapat. Tiba dipuncak udah terlihat banyak orang yang lagi nunggu Sunrise dan ga kelewat foto2 juga. di Puncak Gunung Cikuray ini ada sebuah bangunan persegi, atau disebut juga bedeng, yang katanya sih kadang dipakai pedaki untuk bermalam. Diatas bagunan itu juga udah numpuk orang yang mau liat Sunrise lebih jelas lagi.

Masih Menunggu Sunrise

SUNRISEEEEEE!!! NEGERI DI ATAS AWAN
Subhanallah!!! Lagi dan lagi lukisan Tuhan yang TERINDAH.. Makin merasa diri ga ada apa2, ga ada lagi kesombongan, yang ada cuman rasa syukur, atas semua keindahan ini, atas Negeri yang luar biasa cantik ini.. INDONESIA.. :) *cium Bendera Merah Putih*

Puas menikmati keindahan Sunrise, hari makin terang, yang keliatan pun sekarang cuman lautan awan, kayak kapas putih, serasa pengen loncat dan tidur diatasnya.. :D


Negeri di Atas Awan
Foto-Foto Lainnya

Septi --> Afganisme.. (eh bener ga tuh) Naek gunung cuman mau ngucapin kang Afgan ulang tahun.. :))
I Love You Mamah Ayah, dari Anak Bungsu :*
#Ibiels

Team Kami
Hari udah semakin siang, kita semua kembali ke Camp, sebagian masak, sebagian lagi packing, karena ga mau terlalu siang buat turun.



Lagi.. oleh-oleh Cikuray kali ini adalah SENGKLEK, ya dengkul gw sengklek lagi, awalnya sih masih asik turun gunungnya, masih bisa lari-lari, tapi setelah pos 3, boroooo bisa lari. malah gw sempet ngegerolong.. hahhahaa.

"Kata siapa naek gunung itu enak? Mungkin terlihat seperti itu, tapi perlu perjuangan buat mencapai puncak, seperti hidup kan??" :)

Terimakasih untuk 1 perjalanan lagi dengan kalian dengan keluarga baru, dengan pengalaman baru, destinasi baru.. KALIAN HEBAT!!!!!!!!!!!!!! *Klo gw ciumin satu2 mau ga??*

View Pemancar dari Atas

15 comments:

  1. wahh puncaknya udh rapih yah beda pas gue kesana bulan mei

    ReplyDelete
  2. Saya juga kesana bulan Mei ko mas.. :)

    ReplyDelete
  3. wah jadi penasaran gimana rasanya diatas sana.. belum pernah sma sekali ke gunung 3-| ,, pengeeen bangeeeeeeeet :"""

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. kalau dlu sya jln kaki dri ds.cilawu
    lumayan perjalanan 8 jam
    tpi rasa cpe terbayar oleh ke indahan puncak gnung cikuray
    20 oktober 2013 sya ke sna

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kaki dewa ya Mas...

      Lautan awan dan Sunrisenya yang jadi bonus pendakian Cikuray.. :)

      Delete
  6. Replies
    1. Memang seru Mba, apalagi udah sampe di Puncak dan bisa dapet kesempatan buat liat keindahan sunrise & lautan awannya, hadiah pendakian... :)

      Delete
  7. wah kemaren ane abis kena tepu sama tuh supir yg kumisya udah kaya baplang kabupaten gan... dia bilang pas diterminal guntur bakal dianter sampe pemancar tapi ga taunya cuma sampe pos doang
    alhasil boro2 sampe pemancar yang ada ane sama temen2 ane kesasar dikebon teh padahal udah 7 kali naek turun bukit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang sebaiknya ga carter angkot buat ke pemancar, dari sekian banyak cerita, kebanyakan mereka juga jadi korban PHP supir angkot.. :D
      Lebih baik naek ojeg aja, saya pernah liat, klo ojeg ga kuat tanjakan, tukang ojegnya ngebiarin penumpang yg bawa motor, tukang ojegnya jalan kaki dibelakang.. :)

      Delete
  8. aduh mantap nya pemandangan jadi pengenn emzz :)

    ReplyDelete
  9. Waaah tengkyu info dan pengalamanya...tgl 17 oct 14 gw rencana backpacker ke cikurai dari jakarta. Yg mau join yuuk mari.. naek bareng turun bareng :)

    ReplyDelete
  10. Wisata Jawa memang sangat menarik, banyak objek wisata yg dapat kita nikmati karena indonesia adalah negeri diatas awan seperti dataran tinggi dieng Wonosobo

    ReplyDelete
  11. 17-08-2015 . .cikuray memory .never forget it

    ReplyDelete