Gunung Gede - Pangrango via Cibodas

~ 6 - 7 April 2013 ~

TNGP merupakan salah satu dari 5 taman nasional yang dideklarasi oleh Pemerintah Indonesia tahun 1980, di tahun 2007 sudah 50 taman nasional dibentuk oleh Pemerintah di seluruh Indonesia. Seperti halnya kawasan konservasi lainnya di Indonesia, pengelolaan kawasan TNGP merupakan tanggungjawab dari Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam, Departemen Kehutanan. Secara administratif, kawasan TNGP berada di 3 kabupaten (Bogor, Cianjur dan Sukabumi) Provinsi Jawa Barat. Kantor pengelola yaitu Balai TNGP berada di Cibodas, dan dalam pengelolaannya dibagi menjadi 3 (tiga) Seksi Konservasi Wilayah (SKW), yaitu SKW I di Selabintana, SKW II di Bogor, dan SKW III di Cianjur.

Gunung Gede adalah salah satu tempat yang pengen banget gw kunjungin, sempet beberapa kali ngajak PHP king dan abang gw sendiri, tapi gagal terus, saking pengenya kesana, gw sempet ngetweet dan mention @infogunung, maksudnya sih barangkali ada yang bersedia nyelipin gw (Well,, gw ga akan bisa nyelip.. secara badan gede juga kan.. hahaha). Pada akhirnya gw ngajak CCMers (temen2 naek ke Gn. Papandayan) dan ternyata mereka mau dan setuju sama tanggal yang gw ajuin. Awalnya gw kira yang ikut ga akan banyak, ternyata setelah dikumpulin totalnya 18 orang, termasuk satu sahabat gw yang akhirnya bisa dibujuk buat ikut ngegunung (*Colek teh Septi). 2 minggu sebelum hari H, gw udah urus Simaksi, ya untuk mendaki di kawasan Gunung Gede Pangarango ini memang harus ada izin memasuki kawasan conservasi, tapi ga terlalu ribet ko.

Rencananya kita akan mulai mendaki di hari Sabtu, 6 April (dini hari) via Cibodas, sebagai lokasi meeting point yaitu di Kedai telapak Bogor, hari jumat jam 8 malam. tapi beberapa ada yang ketemuan di Kp. Rambutan (Abang gw, Mas Adit, Mas Yohan, Bang Darwin). Rencana awal sih memang berangkat jam 8 malam, tapi ngaret king dateng jam 10 malam, ya jadi begitu dia datang langsung berangkat (*kadang pengen sesekali ngegetok dia.. >.<)

Untuk menuju ke Cibodas, kita bisa menaiki mobil Kol mini, atau lebih terkenal dengan sebutan mobil setan, entah kenapa dibilang mobil setan, mungkin karena supirnya bawa mobil ngebut bgt. Lagi2 sebagai juru tawar menawar, kita sodorin Abi.. dan lumayan kita cuman perlu bayar 15,000/orang sampai di Cibodas. Lumayan bejubel juga sih, dengan carrier2 segede gambreng.. Beberapa carrier masuk bagasi dan beberapa didepan. Semua beres, orang lengkap, tinggal berankat..........................

Sabtu, 6 April 2013
Perjalanan dari Bogor ke Cibodas memakan waktu kira2 2.5 jam. seharusnya bisa ditempuh hanya dengan 1.5 jam, tapi karena ini weekend, ya wajar saja kalo macettt.... *hufftttt*. Tiba di Cibodas kira2 jam 00.30 dini hari, tapi kita masih menunggu beberapa yang dari Jakarta. Bukannya digunakan untuk tidur, tapi malah lanjut cerita dan ketawa tiwi. Setengah jam kemudian mereka pun datang. setelah istirahat sebentar, kami langsung menuju ke basecamp. Sebenarnya pendakian baru dipebolehkan jam 6 pagi, tapi karena kita sudah kepalang di Pos, akhirnya petugas pun mengizinikan. Setelah petugas memeriksa anggota dan barang bawaan kami. kami pun mulai melakukan pendakian. Tapi tak lupa berdoa dulu, supaya pendakian lancar.

Menungguu...
Trek awal dijalur ini adalah tangga batu yang sudah tersusun rapi, dengan hutan lebat disini kanan dan kiri, tapi dikarenakan kita mendaki dini hari, jadi tidak ada pemandangan yang bisa dilihat. Trek yang lumayan bikin cape. Setelah kurang lebih berjalan 1 jam, kami tiba di Pos Telaga Biru, lagi-lagi karena gelap, ga ada pemandangan yg bisa diliat, jadi kami hanya beristirahat sebentar dan lanjut lagi. Berikutnya kami melewati jembatan kayu dan beton yang lumayan licin karena hujan, disepanjang jembatan ini merupakan rawa. Hmm.. kalo aja siang hari, jembatan ini indah banget dengan view gunung pangrango. setelah kurang lebih 1km kami berjalan, trek kembali tangga berbatu yang mengantarkan kami ke Pos Payancangan.

Pos Payancangan ini merupakan pos yang berada dititik pesimpangan antara Jalur Pendakian dan Curug Cibereum yang sudah menjadi tempat wisata. Trek jalur pendakian ini lagi lagi tangga berbatu... (*hufffttt), udara semakin dingin dan tubuh pun semakin lelah, ga jarang loh gw istirahat sampe ketiduran.. Dari sini gw mikir, ga bakal mau naek dini hari gini, apalagi ga pake istirahat dulu yang cukup.... Kita ber 18 udah pecah jadi beberapa kelompok. Karena keinget carrier logistic dibawa Abee, maka gw ma dia agak ngebut, karena khawatir mereka nyampe duluan tanpa logistic. Tapi semangat cuman diawal, ga lama, kita istirahat lagi dan malahan Abee tidur nyenyak ditrek, sampe abang gw udah papasan lagi ma gw, dan nyuruh gw duluan. Hari sudah mulai terang, tapi perjalanan masih lumayan jauh buat sampe di kandang Badak, pos yang nantinya akan menjadi tempat kita ngecamp. Dan sekarang gw bener2 jalan sendiri.... yang lain masih dibawah, ada yang tidur, ada yang cuman sekedar istirahat, sedangkan gw?? gw cari lapak tidur yang PW... hahahhaha... ga jauh dari gw, ada iie yang juga tidur... (Ini kan gunung, bukan hotel. tapi entah begitu nyaman buat tidur, kayak hotel. hahahaha), Nah kalo Septi, ikut rombongan mas Adit dan Abang gw (Ibo).Tenaga udah lumayan terisi lagi, kita pun lanjut perjalanan..

Kali ini trek bukan lagi tangga batu, tapi jalan tanah yang menanjak. Terdapat satu Curug yang cantik, dan airnya juga lumayan deras. Pemadangan memang indah, tapi sayang Smell nya ga enak... Bau bangkai pemirsah,.. hahahhaa
Muka ngantuk maksa narsis.. ini hasilnya :D
Setelah merasa cukup narsis-narsisannya. kita (Septi, Mas Adit, Mas Yohan, Abee) lanjut perjalanan lagi dan akhirnya kita ketemu sama rombongan yang laen, dan istirahat lagi (*kebanyakan istirahatnya yaaa cint). sambil makan lontong pake ayam goreng... Hmmm... special thanks buat Mamah nya teh Septi, yang sudah membekali Septi dengan ayam goreng dan lontong yang berlimpah.... Ini makan termewah kami... *hahahaha*

Setelah cukup kenyang (*gw masih bisa merasakan enaknya ayam goreng dingin digunung). kitapun lanjut perjalanan. Abang gw, terus nyemangatin, katanya sebentar lagi kita akan tiba di Air terjun air panas, kebayangkan angetnya disana. Dan ternyata benar, ada air terjun air panas yang airnya langsung turun ke jurang, tapi harus hati2, karena licin, dan tidak ada juga pagar, hanya kawat yang menjadi pegangan.

Ibiels, Mas Adit, Mas Yohan dan Reza

Kami tiba di Pos Kandang Badak kira-kira jam 9 pagi.. sungguh perjalanan yang sangat panjang dan lamaa...... (*lama istirahatnya maksudnya.. hehehee). Ternyata disana sudah lumayan banyak yg mendirikan tenda, lumayan ramai waktu itu. Rencana awal kami, adalah Gn. Pangrango, lalu Gn. Gede esok harinya, tapi dikarenakan kondisi badan yang lelah, jadi diputuskan Summit Attack ke Gn. Gede saja esok pagi. Tapi beberapa orang akan tetap nyummit, termasuk gw yang berhasil maksa abang gw buat ngizinin gw ke Pangranggo. tapi disuruh tidur duluuu... ahh.. berasa di manja deh... :))

Gunung Pangrango 3.019 mdpl
Awalnya yang akan nyummit adalah Bang Darwin, Nuyy, Abee, Gw dan Adrian. Karena tiba2 hujan derass bgt, dan Indri sempat kambuh sesaknya, akhirnya Adrian batal ikut dan Bang Darwin milih buat tidur ditenda aja. (nah Bang Darwin adalah salah satu cowo PHP!!!). Setelah Makan siang, sekitar jam 12 siang, walaupun kita cuman bertiga tapi tetep lanjut, packing makanan secukupnya (secukupnya buat 2 hari mksudnya.. hehehe) dan pakai raincoat. Nyummitt deh kitaaaaaaa...

Trek menuju puncak Gunung Pangrango cukup ekstrim, jalan menanjak, banyak akar pohon, pohon tumbang, dan ditambah parah lagi, karena hujan trek menjadi licin.. Brrrrrrrrrr.......

Trek Gn. Pangrango
Ngasooo...
sereum sebenernyaa.. :D
Hujan lumayan deras, kita sempat berapa kali bertemu dengan pendaki lain yang akan turun. Kondisi badan kedinginan, tapi kalo mau balik lagi, tanggung banget, soalnya beberapa kali bertanya pada pendaki yang turun, mereka bilang "sedikit lagi ko, paling 45 menit lagi", 45 menit?? ahh,, itu hanya menyemangati kami saja, karena begitu ketemu pendaki lain yang juga turun, mereka bilang "1 jam lagi ko, semangattt!!".. hoaaaa.... PHP tingakat tinggi.. karena kami ngerasa udah lama banget berjalan, tapi ga sampe2 di puncak. Tangan Nuyy sempet beku kaku, karena saking dinginnya kodisi  badan kami (Ya.. harusnya tidak memaksakan nyummit diwaktu hujan.. ini pelajarannya). Tapi kita terus berjalan... ngesot, ngerayap, sampai ketemu trek yang landai, itu artinya puncak sudah di depan mata. Dari situ semangat lagi dan girangg....... Tepat jam 15.30 sore, kami tiba di puncak Gn. Pangrango 3.019 mdpl.

Dan ini wajah2 narsis kami di puncak Pangrango..

Puncak Gn. Pangrango
Gwwwww

Nuyy & Gw
Disana kita ketemu sama mba-mba yang nyummit sendirian karena misscom sama teman yang lainnya, tapi kerenn dia berani naek sendiri... hehehhe... Ke Puncak Pangrango belum afdol kalo belum ke Lembah kasih, Mandalawangi, padang edelwise yang cantik, tempat dimana abu Soe Hoek Gie ditaburkan oleh teman-temanya, karena Gie jatuh cinta pada tempat ini. Untuk menuju Mandalawangi hanya perlu 5 menit dari puncak pangrango. Disana juga terdapat prasasti pendaki yang membuka jalur pendakian ke puncak Pangrango.

Lembah Kasih, Mandalawangi

In Memorian 4 Pendaki Pembuka Jalur Pangrango
Ga lama kita bertiga di Mandalawangi, istirahat sebentar dan kembali turun menuju kandang badak, hari sudah semakin sore. Gw sempet kedinginan banget dan susah gerak, ampe jalan aja kepontok pohon.. adeuhh,, sakit............ (*elus2 jidat jenong gw). Tapi emang, dalam kondisi dingin badan ga boleh berenti bergerak, gw lari aja "sosorodotan" di trek yang menurun dan licin, dan akhirnya Nuyy juga ikutan lari2,, kita malah keketawaan berdua, dan Abee, jalan santai di belakang.. *hahhahaa*

Turun memang lebih cepat, kita juga ketemu lagi sama rombongan yang saat kita naek mereka turun.. sudah 3/4 jalan, gw denger suara abang gw yang lagi bertanya2 ke pendaki lain, "Liat orang ber-3, 2 cewe 1 cowo ga bang, mereka naek dari jam 12 siang, sampe sekarang belum turun" (Abang gw khawatir banget), karena gelap dia kayaknya ga liat gw yang juga ada dibarisan itu.. akhirnya gw teriak "Boyyyyyyy,,, nyariin yaaa,,, Ika disini nihhh", abang gw girang.. Nyamperin kita ber-tiga.. Sampe di Camp, kita bebersih, disedian teh tarik (teh wajib gw naek gunung) sama Abang gw.. (berasa dimanjain dehhh... hehhee). Selesai bersih2, gw ma nuyy nyamperin tenda cewe, terlihat teh Septi dan Iie sibuk masak.. Ya 2 ibu ini pinter masak, saat itu menu makanan kita sayur sop dan nugget goreng.. Weeeeeeeewww.... dan rasa masakannya ENAK pake BGT.

Selesai makan, gw ma Nuyy binggung tidur dimana, karena tenda cewe penuh, akhirnya gw ma nuyy nyempil ditenda abang gw, bang darwin, dan abee.. sementara para cowo itu ngobrol, gw malah dipaksa tidur, karena besok pagi mau summitt attack ke puncak Gn. Gede.

Minggu, 7 April 2013 "Gunung Gede"
Tidur semalem kurang nyenyak, gimana mau nyenyak, tenda sempit, kaki ketekuk2.. tapi ini seninya camping,,hehehe.. Jam 4 gw udah bangunin Bang Darwin yang katanya mau anter kita ke Puncak Gede.. gw juga bangunin yang laen, yang ternyata iie dan teh Septi tidur di tenda Mas Adit.. Sudah siap semua, bawa bekel buat sarapan,, kita semua berangkat. Pagi itu lumayan banyak juga yang mau kejar Sunrise. tapi ditengah perjalanan teh Septi muntah-muntah, mungkin karena Apel yg dibekelin sama Abang gw, untung cuman muntah-muntah, bukan kayak cerita princess yang tidur lama gara2 makan apel,, (adeuh si Ika,, apaan sihh..). Khawatir dengan kondisi teh Septi, akhirya, gw nyuruh dia ga usah lanjut perjalanan lagi, dan waktu itu gw bilang ke Bang Darwin, buat lanjutin aja, gw iie anter Septi turun lagi. Septi ma iie masuk tenda lagi, dan gw masih pengen lanjut nyummit Gede.. Akhirnya Gw ma Abee naek berdua.

Persimpangan Gunung Gede dan Gunung Pangrango
Trek menuju puncak Gn. Gede ini cukup menanjak, tapi tidak terlalu sulit sepeti Pangrango, karena awal treknya sudah tersusun rapih seperti tangga. Untuk sampai ke puncak butuh waktu kira2 2.5 jam. pemandangannya hutan disebelah kiri dan kanan. Setelah setengah perjalanan kita akan ketemu dengan "Tanjakan Setan", yang hanya berpegangan dengan tambang-tambang. walaupun sebenernya ada petunjuk jalan alternatif, tapi yang satu ini harus di coba juga.. :D Dari tanjakan setan ini, akan terlihat view Gunung Pangrango yang berdiri kokoh dan cantikkk..... :)

Tanjakan Setan
View Pangrango
Setelah sekitar 40 menit berjalan, akhirnya kami sampai di puncak Gunung Gede 2.958 mdpl. Dari sini kita bisa melihat Gn. Pangrango dan kawah gunung Gede. kalo cuaca bagus, kita bisa lihat lautan awan juga, sayang saat itu kabut sudah turun..

Gn. Gede 2958 mdpl
Abee & Gw
Disana kita ga ketemu sama rombongan kita yang sudah naik dari subuh tadi, kita mengira mungkin mereka ke alun alun surya kencana, awalnya gw ngajak abee kesana, buat nyusulin mereka, tapi mending nunggu di aja di puncak sambil ngemil, makan mie, dan minum susu panas,, (dipuncak Gede ini ada tukang jualan loh).

Kapanpun Narsis
Setelah menunggu cukup lama, tapi rombongan kami tak kunjung datang, akhirnya gw ma abee memutuskan untuk turun, soalnya kabut udah tebel ditambah gerimis.. Sedikit berlari karena hujan, tapi pada akhirnya dengkul gw sengklek. sakittt... tapi masih dipaksain lari... Begitu sampai di kandang badak, ternyata tenda udh dibongkar semua, dan mereka udah turun dari jam 11 siang, yang setia nunggu gw ma abee adalah Abang gw, mas Yohan, Indri dan Adrian.. OMG.......... semua udah dipacking, entah gimana abang gw packing day pack gw yang jelas, 2 kali lebih berat dari sebelumnya. Kita turun jam 12.30 siang.

Sebelum ninggalin kandang badak (Abang gw, indri, gw, abee & Adrian)
Awal turun masih semangat, walaupun dengkul berasa sakit, malah gw sempet lari, tapi ternyata si dengkul makin sengklek dan sakitnya pake banget.. Akhirnya, gw harus "NGEZOMBIE", gw papasan ma rombongan gw di jembatan kayu, ternyata mereka dari Curug Cibereum. Kita sampai di base camp sekitar jam 4.30 sore. dan setelah diperiksa kembali oleh petugas, kita pun pulangg.....

Oleh - oleh 2 gunung, Gede dan Pangrango adalah dengkul sengklek!! :D

1. ayo kapan lewat cibodas, kayaknya viewnya lebih bagus nih,, :D

2. Ayo Mas... lebih bagus tapi treknya lebih panjannnnngggggggggg :D

3. panjang karena suka berhenti liat pemandangan ya, jadi kerasa lama

4. Berarti lo ke 2 puncak dong gn. Gde dan gn. Pangrango. Viewnya bagusan dimana gan?

5. Superr.. Wanita tangguh...
    Sayangnya kemaren g sempet ke Pangrango, cuma ke Gede..

Silakan mampir dimari: Dari Jogja Menuju Puncak Gede

6. wahh enak banget ya, sempet summit ke 2 puncak, tahun 2013 ane cuma muncak ke gede doang, karena emang sedikit info yang kita dapet bahkan gak sempet main ke surken huhuhu next bakalan kesini lagi *curcol

btw ane buat artikel tentang pendakian gunung gede pangrango mampir ya, koreksi jika salah

7. Mau nanya enaknya summits ke gede dulu apa pangrango dulu ya ? Mohon di jawab ya? :D

1. hmm... kalo ngecamp nya di kandang badak tinggal milih yang mana aja kyknyaa.. sama2 enak.. kalo mau nyari sunrise subuh2 mending ke gede dulu kali yaa.... hahaha