Keindahan Pura Parahyangan & Curug Nangka (Bogor)



Bogor, kota yang tidak terlalu besar tapi menyimpan banyak keindahan alam yang bisa dijadikan destinasi liburan atau sekedar untuk menggalau.. (itu buat gw.. hehehe).. "There are so many nice places to escape". 

Jujur sih, walaupun gw asli orang Bogor, bahkan di akte kelahiran aja ada tulisan Bogor nya (ini  bukti kalo gw warga Bogor, walaupun sedikit agak pinggiran.. hehhee). tapi gw ga terlalu kenal Bogor, bahkan gw aja baru tau kalo di Bogor itu ada Pura. Ga kalah cantik sama Pura yang ada di Bali ko, kalo orang yang ga tau pasti nyangka gw lagi di Bali, tapi eittsss.. ini 100% Bogor, my Beautiful Bogor.. Pura cantik itu adalah Pura Parahyangan Agung Jagatkartta.

Pura Parahyangan

Pura Parahyangan Agung Jagatkartta berada di Taman Sari, Ciomas - Bogor. Waktu kesana sih gw naek motor, cuman kira2 30 menit. untuk masuk ke kawasan Pura ini sama sekali tidak dipunggut biaaya alis GRATIS!!! Tempat bagus dan gratis?? ya Pura ini. hahaha. Gunung Salak menjadi latar Pura ini, makin cantik aja kan, ditambah dengan taman yang berada disekitar Pura, rumput yang hijau dan begitu bersih. Konon katanya Pura ini adalah Pura Hindu terbesar di luar pulau Bali. Bagi pengunjung yang datang kesini tapi bukan untuk bersembahyang dilarang masuk ke bagian dalam Pura, jadi harus cukup puas dengan liat-liat dibagian depan Pura aja. Ada beberapa peraturan untuk pengunjung sebelum memasuki Pura. Gw sempet tanya sama Penjaga Pura nya, emang bakalan terjadi apa kalo kita langgar, dia cuman bilang "Diusahakan jangan Mba, kalo ada apa2 susah ngobatinnya", nah loh makin binggung aja gw.. Tapi ya sudah, kita kan pengunjung, ya harus ikut peraturan tuan rumahnya. :D


Masih di Bagian depan Pura
Curug Nangka
Setelah mengunjungi Pura ini, next destination adalah Curug Nangka, yang berada tidak terlalu jauh dari kawasan Pura ini. kira butuh 20 menit buat ke Curug Nangka. Dikawasan Curug Nangka ini ada terdapat 3 Curug yaitu Curug Daun, Curug Kawung, dan Curug Nangka sendiri. Tiket masuk per orang adalah Rp. 5,000.-, motor Rp. 8,000.- dan parkir motor Rp. 5,000.-. 

Pertama yang akan ditemui saat masuk kawasan Curug Nangka ini adalah pepohon lengkap dengan monyet2nya... hahhaa.. Hati-hati ini monyet2 suka iseng sama makanan kita, mangkanya ga usah "ngabibitan" si monyet. Jumlahnya lumayan banyak. tapi ga ganggu sih.

Nah ini penampakan si Monyet.. Peace Nyet!!
Curug pertama yang akan gw kunjungi adalah Curug Daun dan Curug Kawung. yang memang berada di jalur yang sama, untuk menuju dua 2 curug ini ambil jalan yang kearah atas, ambil jalur kiri yaa... kalo kanan hanya untuk mendahului.. hehehhee.. #Garing. itung-itung hiking sih.. Curug pertama yang dilewati adalah Curug Daun, curug yang pendek, ada batu yang besar banget, Cantik!!!

Curug Daun
Setelah curug ini, lanjutkan perjalan keatas lagi, maka kita bakal sampe di Curug tertinggi, tapi sayang airnya kecil banget. Curug Kawung, sekaligus Curug tertinggi dikawasan Curug Nangka ini, karena airnya juga kecil, bebatuan besar di sekitar Curug dijadiin tempat istirahat. Gw sendiri makan siang disana, tapi hati-hati banyak monyet mengintai, nasi + ayam goreng jadi korban penculikan monyet.. -__-"!
Curug Kawung
Kalo menurut gw sih Curug ini kurang bagus, mungkin karena air nya kecil dan ada dipasang warung tenda dipinggiran Curug, jadi keliatan kotor. Selesai makan siang disini, gw langsung lanjut jalan ke Curug Nangka, karena Curug Nangka ada di jalur berbeda dengan 2 Curug ini, jadi gw harus jalan berbalik ke bawah lagi. kalo ngikutin jalan sih lumayan juga, tapi karena curug Nangka adanya dibawah, begitu keliatan gw turun lewat jalan yang ya curam, bukan jalan sih sebenernya, tapi klo ngikutin jalan biasa, lumayan muter.

Curug Nangka
Diantara 3 curug di kawasan ini, Curug Nangka adalah curug yang paling cantik dan airnya juga paling deres, ya pokoknya ini adalah Curug tereksotis di kawasan ini. 

Lagi dan lagi,,,, Ciptaan Tuhan, Sepotong keindahan dari berjuta-juta keindahan lainnya.

4 comments:

  1. Wihh bagus ya kak...ajak ajak dong kalo kesana kak

    ReplyDelete
  2. Ayo kaka... minggu depan mungkinn... :D

    ReplyDelete
  3. Curug nangka sblum apa ssdah cilember ya,,trus trackx sulit g

    ReplyDelete