Pantai Sawarna, Bayah - Banten

~6 - 7 April 2012~

Keren banget kan,,, Cuman Pake camera HP,, No Filter...
Long weekend !!!!!!!!! (Maksa longweekend, sabtu bolos kerja - BAGUS!!). Rencana awal sih pengen ke Pulang Tidung, tapi yaa "A plan isjust a plan", entah dapet bisikan dari mana, gw malah lebih milih ke Pantai Sawarna. Modal dari browsing-browsing rute kesana dengan kendaraan umum, gw nekad kesana bareng 2 sahabat gw yang sama-sama ga tau jalan.

Well, trip kali ini diawali dengan "Ngotot" sama mamah, buat dapet izin pergi aja, gw harus memboyong
salah satu sahabat gw Isna aka IIE buat nginpe dirumah, gw kira bakalan berhasil, ternyata "ENGGA", mamah malah sempet nawarin mobil buat nganter kita kesana,, WHAT??!!!! BIG NO MAH... jadi gw teteup kekeuh berangkat dengan kendaraan umum.

Jum'at, 6 April 2012
Jam 5 pagi, gw sama Isna udah siap2 berangkat, Kita janjian sama Septi jam 6 di terminal baranangsiang. Rute ke Pantai Suwarna yaitu Bogor - Pelabuhan Ratu - Ds. Suwarna. ok, ini agak ngaret sedikit, harusnya sampe di baranangsiang jam 6, gw ma iie malah sampe jam 06.30 *Gara2 iie*. tapi yg penting udah ngumpulahh... andd LET'S DO THE TRIP... Dari Baranangsiang kita naek bis MGI ekonomi jurusan perlabuhan ratu, tadinya sih mau naek yang AC, tapi ketinggalan bisnya, jadi mau ga mau naek aja, dari pada harus nunggu lama lagi. Oh iya, selain Isna dan Septi, kita ke Pantai Suwarna juga bareng Abee & Lutvy dua cowo yang gw temuin pas ke Gunung Salak, yang ternyata si LUtvy ini masih temen kerja Isna dan Septy (*Dunia Emang Sempit). Tapi mereka naek motor. 

Kita sampe di terminal Pelabuhan ratu sekitar jam 10.30. dari info yang gw dapet dari hasil surfing, kita perlu naek Elef buat ke Ds. Suwarna. setelah cari-cari dan tanya sana sini, akhirnya ketemulah Elefnya, dan ternyataaaa cuman satu-satunya dan berangkat jam 13.00 siang,, *GUBRAGGGG.... Mau ngapain coba kita 2.5 jam di terminal??? Mau ke Pelabuhan ratu?? salah satu sahabat gw itu ada trauma disana, jadi kita buat milih buat leha-leha di terminal, mulai dari numpang tidur di mushola, muter-muter gajelas, sampe cuman sekedar minum kopi pake aer anget *huexxxx sampe makan mieAyam2an. Pas ngopi, kita ketemu abee & lutvy. Mereka sih udah puas maen aer di pelabuhan ratu. 

Jam 12 siang, kita bertiga udah masuk elf, karena ngeliat udah ada beberapa orang yang udah masuk, ya ga keren kan, kalo udah 2 jam lebih nunggu malah ga dapet tempat duduk, haha. Eh lupa, ini kan Jum'at, abang supirnya juga jum'atan.. tapi penumpang terus nambah.. Jam di HP udah nunjukin jam 13.00, tapi Elef ga jalan-jalan juga, padahal Elf udah penuh banget, sesak sama orang-orang yang bawa belanjaan, ayam, hah,, 1000 aroma jadi satu deh. Karena gw KEPO, gw tanya ke Supir, kenapa belum jalan juga, dan dia bilang, masih nunggu rombongan lagi.. HAHH?????!!!!!!!! *Hening sejenak* melihat elef yang udh padet, itu rombongan mau taro dimana?????. Ga lama rombongannya memang dateng, BANYAKAN LOH.. sya tekankan "BANYAKAN", penumpang makin bejubel, untung kita bertiga udh ambil posisi paling nyaman.. *hahahha. dan elefe pun BERANGKATTT...

Perjalanan dari Terminal Pelabuhan Ratu kira-kira 2-3 jam, tergantung sikon juga sih, selama diperjalanaan ga ngebosenin deh, sepanjang jalan bisa liat pantai. sempet hujan deras dan kita sempet hopeless ga bakal bisa maen ke pantai, tapiii tiba-tiba udara cerah lagi... YUHHUUUUU..... Sampe di simpangan ciawi, elf belok kiri, dan disini bener2 bikin tegang, Jalan yang rusak dan sempit, tanjakan berbatu, semepet bikin parno, sampe gw ga berani nengok kebelakang,,,, tapi mungkin Supirnya juga udh handal bgt juga kali ya,, wong dia masih bisa ngebut... T.T *Ajungin 8 jempol ke si Abang*

Kira-kira jam 15.30 kita sampe di pemberhentian terakhir Mobil Elf ini.. yaaaaa.. KITA UDAH SAMPE DI DS. SUWARNA... 

Jembatan Satu-satunya Desa Suwarna
Ya,,, inilah Desa Suwarna, yang terletak di Bayah, Banten, Menjadi salah satu tempat yang harus dikunjungi, apalagi buat yang hobby surfing. 3 hari sebelum berangkat, gw udah booking homestay di sekirar pantai. jadi begitu sampai kita langsung menuju ibu rumah Nenda, pemilik homestay yang akan kami sewa. Sampai dirumahnya, kita langsung disuguhi makan siang, yang udah tersedia di meja makan rumahnya, bisa makan sepuasnya, dengan menu rumahan seperti ikan bakar, ayam, sayuran, kerupuk, sambel, dan lalapan,,, uhhh... feels like home.... Setelah menyelesaikan administarsi kami bertiga diantar ke Home stay yang berada tidak jauh dari Pantai Ciatir, Suwarna. Ya, homestay yang hanya berisi satu tempat tidur, 1 kamar mandi, dan ini KEREENNNN..... rumah panggung gitu,,,

Home stay Ibu Nenda (Septi, Gw & Iie)
Setelah istirahat, berleha-leha, dan malah sempet narsis di depan homestay, sekitar jam jam 16.30 kami ke pantai yang dekat dengan home stay, Pantai Suwarna, kurang lebih 200 meter dari homestay. Kami pergi kesana berlima, bareng 2 temen cowo itu...

Langit memang agak mendung, malah sempet gerimis,, lagi ngarep banget bisa liat sunset padahal... Setelah udah lumayan lama maen air dipantai, tapi matahari masih ketutupan awan mendung *sedih.. tapi beberapa saat kemudian,,, HEYYY,, MATAHARINYA MUNCUL,, kayaknya sunset bakalan muncul... Kita semua seneng,,, langsung deh keluarin HP buat narsis2an... maklum, ga bawa camera, jadi camera HP pun jadi, kan ada yang punya HP bagus,, bisalah dimamfaatkan *LirikSepti*.

dan ini foto2 sunset kami....


My favorite One... thats mee....

Abee & Lutvy

Here we gooooo!!
Puas narsis, kita berlima duduk hening sejenak, menunggu hingga matahari tak terlihat lagi,,, kami setuju, Sunset adalah salah satu lukisan Allah yang indah...
Balik ke homestay, mandi dan makanan udh dianter sama ibu homestay, setelah makan, kami berlima maen remi sambil bercanda ga berenti2 sampe tengah malem... Kalo ditanya, siapa yang selalu menang,, dengan berat gw bilang ISNA... yaa,,, she was just lucky girl at that time... hihihihihi.. #gaRela.

Keesokannya, rencana mau ke pantai Ciatir Pasir putih, kira2 2 Km dari homestay.. ya berhubung satu temen gw itu kebluk banget (*pelototin Isna) jadinya gw dengan so beraninya, keluar sendiri,,, untung ketemu "gerombolan" jadi bisa nyempil ikutan mereka deh,, Tapi gagal juga sih,, jauh bgt,,, Akhirnya gw cuman ikut sampe Tanjung Layat,,, ya,, disana ada 2 karang besar yang berdampingan, kalo air lagi surut, katanya bisa jalan mendekati karang itu,, tapi waktu gw kesana aernya lagi tinggi..

Tanjung Layar
Gw sendirian ditempat itu, walaupun setelah terang, Septi nyusul, dan ketemu Abee dan Lutvy yang baru balik dari Pantai Ciatir... Nah temen gw yang satu lagi??? jangan ditanya,,, DIA MASIH TIDUR.. gw dan septi lagi foto2 dipantai, Isna nyamperin kita dengan muka bantalnya dan dengan bajunya yang kebalik itu,, OMG berasa pengen nyeburin dia ke Pantai... -_________-.

Setelah sarapan di warung pinggir pantai, kita balik ke home stay dan packing pulangg.....Karena elf cuman berangkat sekali yaitu Jam 7 pagi, jadi kita bertiga naek ojeng ke simpang ciawi, dan nunngu elf dari bayah yang akan menuju ke Terminal Pelabuhan Ratu.


Perjalanan pulang lumayan panjanggg.. kita berangkat sekitar jam 11 siang dan tiba dirumah jam 9 malam... Huaaa..... weekend oh weekend... Tapi puas ko liburan bareng kalian,,, *Ciumin Septi, Isna, Abee, Lutfhy*

Rute Ke Pantai Sawarna (Dari Bogor)
  1. Baranangsiang - Terminal Pelabuhan ratu (Bis Rp. 25,000.-)
  2. Terminal Pelabuhan Ratu - Ds. Suwarna (Elf Rp. 20,000.)
  3. Alternatif lain, dari Terminal P. Ratu naik elf ke Bayah, turun disimpang ciawi, lalu naek Ojeg.
  4. Pulangnya juga sama,, tinggal dibalik aja... :P

Tempat yang perlu dikunjungi di Desa Suwarna :

  1. Pantai Suwarna
  2. Tanjung Layar
  3. Pantai Ciantir, Pasir Putih
  4. Caving di Gua Lalay

 


3 comments: