Kawah Putih, Ciwidey - Bandung

Kawah Putih - Ciwidey
Buat anak rumahan kayaknya gw yang susah izin kemana-mana tapi punya pengennya jalan-jalan mulu, gw selalu berharap, bisa ngunjungin satu tempat cuman dalam 1 hari,, kalo bisa malah berangkat pagi pulang sore... (Bisa bisa,, bisa gila lo Ka).

Weekday!! Males kerja, sumpek sama kerjaan, males ketemu boss yang luar biasa itu,,, #BaladaKaryawan.
Ga kayak biasanya, kali ini malesnya luar biasa males.. akhirnya gw memutuskan untuk ke Ciwidey, salah satu tempat yang pengen gw kunjungin, ya berharap bisa tic toc.. Cuman modal ransel, aer minum + wafer, gw jadi juga ke Bandung, bahkan nyokap taunya gw berangkat kerja... *hihihii*


Lagi lagi gw jalan modal dari browsing rute ke Ciwidey, *Peluk Mbah Google.. so much helping Mbah*.
Jam 8an gw duduk manis di bis MGI menuju Bandung (Terminal LeuwiPanjang). yah celingak celinguk sendirian, sambil ngemil wafer, karena belum sarapan dari rumah. Perjalanan Bogor-Bandung lumayan lancar, walaupun sempet macet, tapi ga lama bgt sih. Sampe di Leuwi panjang, sempet muter-muter tanya orang mobil ke Ciwidey, sampe akhirnya gw ketemu mobil kol kecil tanpa AC yang kondisinya pun agak mengkhawatirkan. Duduk manis aja deh langsung, waktu itu udah jam 12an. laferrrrrrrrrrr....
Mungkin selang setengah jam, mobil akhirnya jalan juga, awalnya perjalan biasa aja, Apa bedanya Bandung sama Bogor, sama2 udah padet.. *huffft. tapi lama kelamaan dinginnya Bandung mulai berasa, gw ga tau itu didaerah mana, tapi suasana dan pemandangan sekitar udah beda, lebih seger dan hijau.. 

Satu jam kemudian, gw sampe dipasar Cibeurem, dan nanya2 lagi harus naek apa ke Kawah putih. untuk ke Kawah putih, harus naek angkot warnanya kuning (*tutupIdung). Jam di HP udah nunjukin ke arah 1.30 LAFERRRRRRRRRRRRRRR... karena gw liat angkot seliweran, akhirnya gw makan dipasar, disalah satu warung nasi yg keliatannya rame... gw makan Nasi, sayur, dan 2 potong ayam, buat semua itu gw cuman bayar 12,000.. diulang #12.000.

Awalnya gw kira angkot ini bakalan bawa gw tepat  didepan Gerbang Kawah Putih, tapi ternyata gw harus naek satu angkot lagi, buat kesana, sepanjang jalan gw liat banyak kebun stroberi dan bawang merah, beberapa kali ngobrol sama orang di angkot, dan ga jarang mereka koment "dari bogor sendirian?? cuman mau liat Kawah putih?? Nekad pisan", gw cuman senyum.. :)

Hey gw sampe di Gerbang Kawah Putih...

Menurut dari hasil browsing, katanya kita bisa naek ojeg buat ke Kawah putihnya, tapi ternyata ojeg nya udah ga ada *fiuuhhh.... Yang sekarang tersedia itu mobil pariwisata, biasanya klo rombongan harus carter sekitar 150rb PP diluar tiket masuk ke Kawah putih (Kira2 Rp.12,000.-). Berhubung gw sendiri, dan dari hasil tanya sana sini, dan "menawarkan" diri buat nyempil sama rombongan lain, tapi GA ADA ROMBONGANN!!! ya,, setelah beberapa menit, ada jg yg mau ngangkut. Gw cuman bayar 20,000 ga usah bayar tiket masuk dan bisa selonjoran #eh,,

Jalan ke kawah putih emang sempit, tapi lagi lagi supir yang handal bisa bawa gw dengan selamat ke KAWAH PUTIH,,,

Kawah Putih adalah sebuah tempat wisata di Jawa Barat yang terletak di kawasan Ciwidey. Kawah putih merupakan sebuah danau hasil letusan Patuha. Tanah yang bercampur belerang di sekitar kawah ini berwarna putih, lalu warna air yang berada di kawah ini berwarna putih kehijauan, yang unik dari kawah ini adalah airnya kadang berubah warna.

Udara yang sejuk dan suasana yang sepi, mungkin karena gw datang pas weekday,, hehehe,,, Bersyukur bisa kabur kerja, ga sia-sia kan... cape pun hilang pas liat pemandangan kayak gini,, satu lagi Ciptaan Allah yang luar biasa cantiknya, Subhanallahh.... :)

Cuman sekitar setengah jam gw berdiri disana, inget waktu dong,, kudu harus cepet pulang, kalo engga bisa kesorean. Tapi pas naek angkot, supirnya bilang "Tanggung neng, sekalian ke Situ Patenggang, cuman 10 menit", gw : "(*Hening).. ya udah.. lanjutttt!!!"

Situ Patengan adalah suatu danau yang terletak di kawasan objek wisata alam Bandung Selatan, Jawa Barat, Indonesia, tepatnya di Ciwidey. Terletak di ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut, danau ini memiliki pemandangan yang sangat eksotik. situ Patenggang berasal dari bahasa Sunda, pateangan-teangan (saling mencari). Mengisahkan cinta Putra Prabu dan Putri titisan Dewi yang besar bersama alam, yaitu ki Santang dan Dewi Rengganis. Mereka berpisah untuk sekian lamanya. Karena cintanya yang begitu mendalam, mereka saling mencari dan akhirnya bertemu di sebuah tempat yang sampai sekarang dinamakan "Batu Cinta".
Ok "Batu Cinta" kebayang deh, pasti disana bakalan banyak yang bawa pasangan, mesra2an,,, tapi gw,, sendiri.. #miris.. :)) tapi cueklah,,, Pemadangan dijalan ke situ ini makin indah dan dingin,, kebun teh dikiri kanan... Malah gw sempet2nya minta abang supir angkot berenti dan motooin gw.... :))

Situ Patenggang dari Atas
Katanya untuk ke batu cinta itu harus naek perahu dan bayar 35rb, dikarenakan gw bawa duit pas2an, gw batal kesana, dan cuman liat2 disekitar danau aja, sambil nunggu supir angkotnya nyari penumpang,... Mungkin laen kali gw kesana bakalan bawa pacar... :))

Gw balik dari Ciwidey kira2 jam 3 sore, dan sampe bogor jam 9 malem.. huaaaaa,,,, Alhmdulilah ga lewat dari jam 10 malem... dan Mamah taunya gw berangkat kerja dan seperti biasa, pulang kerja kelayaban dulu,,, hihihihi (Maaafff mamah.,,)

Semoga aja pemandangan kayak gini masih bisa dinikmati sama anak cucu kita ya,,, mangkanya sama2 jaga bumi kita yu,,, :D *Ciee Ika Bijak*


3 comments:

  1. Go to the kiilllll .. salut buat kenekatannya (y)

    ReplyDelete
  2. Iihh keren. Dr dulu aku jg pngen banget bs k kawah putih sendirian. Susah ga sih angkotnya kak. Tks

    ReplyDelete