Disana, Diatas Puncak Gunung Tanpomas (Part 1)

Treking ke Gunung Tanpomas pas libur lebaran 2012 memang udah jadi rencana gw, iie, lutvy, dan abee.  Awalnya sih gw ga jadi ikut, biasa penyakit galau jalan-jalan ini emang ga ilang-ilang.. :D meskipun akhirnya gw ikut juga, secara Kaka ipar gw tinggal di Sumedang, jadi bisa sekalian silahturahmi sama keluarga disana.
Kita sepakat buat berangkat ke Sumedang, lebaran hari ke-3, padahal waktu itu gw masih dirumah nenek gw di Cikarang, agak galau sih, tapi Ayah bilang kita bakalan pulang pagi-pagi, jadi no more worried..

Begitu sampe rumah, gw dan kakak gw (awalnya ga mau ikut) langsung packing barang bawaan pribadi, jadi ga terlalu banyak, Soalnya untuk urusan logistic iie & lutvy yang beli,, hihihihii....

Kira2 jam 1 siang gw udah sampe di Terminal Baranangsiang, sesuai sama kesepakatan kita,, awalnya gw kira yang akan berangkat itu cuman kita ber-4, soalnya abee nunggu dirumahnya (Oh ya, abee itu orang Sumedang, jadi kita bakalan numpang tidur dirumah dia *Asik bisa ngerepotin dia.. #eh) tapi ternyata iie ngajak 2 temennya lagi, Dennis & April, ya mereka itu pasangan 2 sejoli. Kita berlima udah ngumpul, tapi tinggal 1 lagi yang belum dateng..... LUTVY!!!!!!!!! eerrrr.... kita udah nunggu dia hampir 1 jam lebih, tapi batang idungnya belum keliatan juga, gw bawel suruh iie telponin dia, katanya bentar lagi bentar lagi.. Tapi ga nyampe... Berhubung bis yang mau ke Kp. Rambutan udah hampir penuh penumpangnya, kita memutuskan untuk naek dulu, sambil nunggu satu orang lagi, Tepat jam 3 sore anak ilang "LUTVY" baru deh muncul.. (*Pengen banget gw ngegetok dia!!!!!). Begitu lutvy dateng, bis pun langsung berangkat. (#Ini perlu ditekankan, bis bukan nunggu dia, tapi emang lagi hoki aja dia, ga jadi kita tinggalin..)
Sampe di Kp. Rambutan kita langsung cari Bis ke Sumedang, ternyata bis baru jalan kira2 jam 5 sore, jadi kita masih bisa berleha-leha di bis, malah sempet foto depan bis.. :)
Lutvy, Iie, Dennis, Gw, Uni Susi (Kaka Gw)
Bis berangkat jam 5 sore, kira untuk ke Sumedang perlu 4-5 jam, tergantung situasi jalan. Buat "ngebunuh" waktu, kita ber-6 ngobrol "ngalor ngidul", ya apa aja diobrolin, mungkin yang kita yang paling berisik.. Oh iya, kita duduk di bangku 2, dibagian belakang Dennis & April, ditengah Unsus & iie, didepan gw sama lutvy. hari makin malem, satu persatu penumpang juga kayaknya udah pada tidur, kecuali temen disebelah gw, yang sibuk neleponin cewe-cewe.. entah siapa... Semuanya kena gombalan dia :)) gw sih nyengir2 sendiri aja, dengerin dia ngoceh ditelpon... :) Sampe akhirnya gw juga tidur, dan ga tau lagi apa yang terjadi disekitar gw, sampe akhirnya Lutvy bagunin gw, buat ngasih tau sebentar lagi, sampe Gang rumah Abee.

Ya, kira-kira jam 10 malem kita sampe depan gang, gw lupa nama gangnya apa... si Lutvy sempet cengar cengir sambil bilang "Asik,, bentar lagi kita ngerasin tanjakan penyesalan", apa sih maksudnya? Nanti gw jelasinnya, yang jelas bener2 nyesel!!!

Karena hari udah malem, jalanan ke rumah abee pun sepi banget dan gelap... Jujur gw sih parno banget, kiri kanan kyknya sawah, malah kita sempet lewatin pohon bambu, yang sumpah gelap bangettttt................ Mana jalanannya nanjak banget banget,,, ini yang dibilang lutvy tanjakan penyesalan,,, YA SAYA NYESEL LEWAT TANJAKAN INI.. Tapi, ga lama abee dateng, jemput pake motor... :)) berakhir sudah penderitaan gw ditanjakan ini.

Sampe rumah abee langsung disuguhin tahu sumedang, ga sampe beberapa menit itu tahu udah abis semua...hahaha.  pada lafer yaaaa.... :)) gw mah lagi masak dong, disuruh sama yang punya rumah,, Uwatt!!!! #Semoga yang makan bakalan baik2 aja... hahaha. Beres makan, gantian pada "bebersih" badan dan tidurrrrrrrrrr.........

Pagi harinyaa...
Oh ya, semalem keliatan kalo Gunung Tanpomas kebakaran, jadi paginya kita sempet galau dan mau belok ke Papandayan, tapi setelah kaka gw yang cowo (Ibo) telpon, kasih info klo Gunung Tanpomas bisa didaki,kita jadi berangkat dehh.... Sebelum berangkat kita repacking semua barang bawaan.. sebagian banyak barang akhirnya di taro di carriernya lutvy,,, *Hahahaha... Setelah sarapan dan abee juga udah dapet mobil carteran yang bisa bawa kita ke Tanpomas. kita pun langsung berangkat dan Narsis bareng keluarga abee.. (Keluarga yang hangat, mamahnya gokill banget.... *hahahaa..)

Narsis bareng keluarga Abee..
Buat ke Kaki gunung Tanpomas, kita naek mobil pickup yang udah di carter sama Abee. Kaka & kaka ipar gw akhirnya ikut juga. Pertama sampe dikaki gunung,
Gunung Tampomas berada di utara wilayah Kabupaten Sumedang. Secara administratif, kawasan Tampomas berada di tiga kecamatan, yaitu Buahdua, Conggeang, Paseh, Cimalaka dan Tanjungkerta. Luas area Taman Wisata Alam Gunung Tampomas adalah 1.250 hektar.

Pemandangan di kaki gunung ga sama sekali indah, malah kita disambut sama lalet.. (*bener,, ini LALET) gimana ga banyak, gunung tanpomas, kayak dijadiin tempat pembuangan sampah sementara. Kondisi gunung pun gersang banget, ditambah kita mulai mendaki pas siang bolong.. (*Hadeuuuhhh).
Awal perjalanan kita masih bercanda-canda, tapi kondisi trek pendakian yang terus nanjak, bikin ketawa aja males.. udah cape duluan... Jujur, ini treknya ngebosenin banget, kiri kanan cuman pohon pohon doang,, Ga sedikit kita berhenti untuk istirahat.. Di Gunung Tanpomas ini memang ga ada sumber air.. jadi sebisa mungkin menghemat air minum... Laen sama April dan Dennis,, mereka udah jalan jauh didepan,, eerrrr.. faktor badan nihh,,,, April itu badanya kecil dan kurus, jadi pasti enteng bawa badan,, :))

Gw lupa waktu itu jam berapa, tapi hari udah semakin sore, tapi kita belum sampe puincak juga. Kondisi trek pun makin ekstrim, jalan setapak, bebatuan, dan kadang kita naek harus sampe "nyium dengkul sendiri" (gw lupa istilahnya apa.. Hahahaa)
Semangat pun ada kembali muncul setelah kita baca ada tulisan "Yes, You Can" yang pertanda sebentar lagi sampe puncak.... Kita pun mempercepat langkah, dengan harapan sempet liat Sunset dari atas sana.

Foto diatas itu adalah jalur terakhir yang harus dilalui pendaki sebelum menuju puncak.. lagi lagi gw lupa namanya apa..... :)) dan galama,, akhirnya kita sampe Puncak Tanpomas.. Ya PUNCAK TANPOMASSS......

Puncak Gunung Tanpomas(Udah ada dekil yaa... *haha)
Puncak Gunung Tampomas (penduduk setempat menyebutnya Sangiang Taraje) adalah sebuah lahan luas setinggi 1684 mdpl seluas 1 hektar yang berada di ujung paling atas Gunung Tampomas. Lokasi ini memiliki estetika tinggi karena dari tempat ini wisatawan dapat menikmati pemandangan indah ke arah Kota Sumedang dan sekitarnya.

Ya.. lagi lagi, cape pun hilang, setelah sampai puncak. :)