My 23 on the Top of Mt. Ceremai (the Highest Mountain in West Java)

Berawal dari keinginan gw buat ngerayain hari lahir gw di Puncak Tertinggi Jawa Barat, Gunung Ceremai yang terletak di Kuningan. Dari jauh-jauh hari gw udah usaha buat ngumpulin “massa” yang mau nemenin gw naik. Ah, apalah daya, mereka semua ga bisa, dikarena lokasinya yang lumayan jauh dari Jakarta, “Terlalu mepet waktunya” kata Mereka. Ada juga yang takut gara-gara di Gn. Ceremai itu ga ada sumber air. Hadeuhhhh.... -___-“! Singkat cerita akhirnya gw ngerengek sama Abang gw buat nganter gw ke Ceremai sebagai Kado ulang tahun gw, dan Dia ngeiyain, malah sempet ngasih gw opsi buat ke Sindoro Sumbing, tapi kayaknya waktu ga memungkin.

Seminggu sebelum hari H, gw sms Abang gw buat mastiin jadi ke Gn. Ceremai dan jadilah “Cikarang” sebagai meeting point kita. Ya sekalian gw mampir kerumah Nenek gw deh.

Jum’at, 16 Agustus 2013
Jam 5 sore gw janjian sama Bang Darwin di Cikarang, karena “kita” semua bakalan ngumpul dulu di rumahnya, waktu itu gw belum tahu siapa aja yang bakalan ikut, pokoknya yang penting Abang gw ikut deh. Sebelumnya Nuyy udah janji mau nemenin gw, tapi karena suatu hal dia cancel, tapi di hari H, Nuyy Whatsapp gw info kalo dia ikut dan minta dipinjemin celana dan semua keperluannya sampe ke underwear, karena dia kabur, jad ga sempet siapin ini itu. GILAAAAAA... Hahahhaa.

Singkat cerita, setelah Abang gw dateng bareng Nuyy dan Cici, kita semua langsung berangkat, tujuan pertamanya adalah Sumedang, karena kita harus jemput Istri Abang gw (Teh Lina), Empap (Bapak Mertua Abang gw) dan satu Sodaranya si Akang (Gw lupa namanyaaa). Sebenernya Gw, Nuyy dan Cici ga tau kita bakalan Naik lewat jalur mana, tapi pas ngobrol-ngobrol di mobil baru lah Ibo (Abang gw) dan Bang Darwin ngasih tau kalo kita bakalan lewat Linggarjati. UWHAAATTTTT!!!!!!! Yang gw tau ini Trek paling Extreme!!! Pantesan Ibo sama Bang Darwin cengar cengir mulu!!

Sabtu, 17 Agustus 2013
Sekitar jam 2 Malem, kita sampe di rumah Teh Lina, ga nunggu lama, kita semua langsung lanjut perjalanan lagi dan tiba di basecamp Linggarjati sekitar jam 4 subuh, walau awalnya sempet nyasar ke Linggasana, sebenernya kita bisa Naik lewat Linggasana, tapi karena disana sepi banget, disekeliling cuman hutan, ga ada base camp dan ga ada area parkir mobil, akhirnya kita muter balik sampe ketemu Basecamp Linggarjati, yang letaknya ga telalu jauh dari Linggasana. Bisa dibilang jalur Linggasana adalah Trek Ilegal yang mulai di jadikan Jalur resmi.
Base Camp Linggarjati
Jalur Linggarjati ini merupakan jalur tersulit dan terpanjang dibanding dengan 2 jalur lainnya yaitu Jalur Apuy dan Palutungan. Titik awal pendakian yang dimulai dari 600 Mdpl dan Trek yang extreme dan terjal dengan kemiringan hampir 75 derajat. Setelah menyelesaikan semua pendaftaran, istirahat, shalat dan Packing ulang, karena ternyata begitu banyak logistic yang kita beli (berasa mau naik gunung seminggu). Akhirnya kita memulai pendakian kira-kira pukul 5.30 pagi.

Hari ini adalah Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-68, pengen rasanya udah berdiri di Puncak itu dan ikut upacara bareng Pendaki – pendaki lain. Terlihat dari bawah, kelap kelip lampu senter di Puncak sana. (*ngebayangin kalo gw punya sayap).

Sebelum menghadapi Trek sesungguhnya (*Bahasa gw yakk...). Kita terlebih dahulu akan melewati Desa Cibunar, untuk menuju Desa tersebut kurang lebih memakan waktu 45 menit dengan berjalan kaki tapi tenang, jalannya bagus koq, udah aspal. malah kalo mau naek ojeg atau sewa mobil bak kecil juga bisa, tapi berdoa aja semoga mobil kuat naek sampe atas karena jalan yang begitu menanjak. Pemandangan sekitar hijau banget, jadi gw rasa ga bakal bosen juga kalo jalan, kan sambil cuci mata (Cuci mata ga harus di Mall doang, atau liat-liat cowo Ganteng, cowo2 Gunung juga ga kalah Ganteng ko.. malah lebih KEREN... *hayoo yang ngerasa cowo gunung pasti lagi masem2.. hahhaa). Sesampainya di Desa Cibunar yang sekaligus adalah perbatasan vegetasi hutan, kita semua istirahat sebentar, ngobrol-ngobrol dan ketawa tiwi, ditengah-tengah obrolan Bang Darwin sempet nyeletuk “Puas-puasin aja dah ketawanya, ntar liat aja dah ya masih bisa ketawa apa engga”, Beuhh.... Perasaan makin ga enak aja. Di Desa Cibunar ini masih terdapat sumber air terakhir, jadi lebih baik sedia air yang cukup karena diatas tidak ada lagi sumber air.
Menuju Desa Cibunar
Trek awal pendakian masih berupa jalan setapak yang landai dan di dominasi oleh semak-semak ilalang, dan selanjutnya melewati perkebunan kopi yang cukup luas, dan kemudian jejeran pohon pohon pinus yang berdiri tegak. Dijalur ini terdapat sekitar 3 warung kecil yang jaraknya lumayan berjauhan, Anyway, jangan ngebayangin bisa beli kopi apalagi Teh Botol dingin ya, karena warung-warung tersebut kosong, malah terkesan nyeremenin banget. Setelah pohon-pohon pinus, kembali kita melewati perkebunan kopi dan setelah itu jalan setapak yang di penuhi ilalang dikanan kiri, yang mulai menanjak. Sampai kita tiba di Pos Leweung Datar, Untuk sampai di Pos ini memerlukan waktu 3 hingga 4 jam, Hahhh... Walaupun trek ini landai tapi sangat panjangggggggggg dan lumayan menguras tenaga. Kecuali Ibo, Bang Darwin, Empap, Teh Lina dan Akang, mereka mah masih semangat dan keliatan seger. Sementara gw, Nuyy dan Cici udah mulai pasang muka melas.. (*hahaha).
Pose...
Setelah melewati Pos Leweung Datar, kita menuju Pos Condang Amis, perlu waktu sekitar 1.5 – 2 jam untuk tiba di pos tersebut dengan trek menanjak dan mulai didominasi akar – akar pohon. Carriel dipundak udah mulai berasa berat banget, air minum, tenda, dan alat gw numpuk semua didalem. Untung Nuyy ga bawa apa-apa jadi kita deal buat gantian gendong carriel setiap ketemu pos *Hahhahaha (ketawa bahagia). Tiba di Condang Amis, kita istirahat sebentar kecuali Bang Empap, teh Lina dan Akang, mereka udah jalan duluan (luar biasaaa). Di Pos ini terdapat satu bagunan yang bisa dipake buat bermalam (barangkali ada yang males bangun tenda), tempatnya pun cukup luas. Tapi MASIH JAUH DARI PUNCAK!! (*Gw ga emosi, tapi mulai kesel sama yang ngajak lewat jalur ini.... *Lirik Sinis Bang Darwin & Ibo).
Pos Condang Amis
Trek selanjutnya mulai SANGAT BERAT, THE REAL CHALLENGE!!! Disinilah awal jalur extreme sesungguhnya. Jalur menanjak, tanpa bonus, terjal di dominasi akar-akar pepohonan dan bebatuan, malah kadang kita perlu bantuan temen untuk narik kita naik (*Efek body bohan kali yee.. hahha) ya disinilah diperlukan kerjasama, saling tolong menolong, dan saling berjabat tangan (*agak Lebay dikit.. :D). Butuh waktu kira2 1.5 jam – 2  jam untuk sampai di Pos Kuburan Kuda, yang konon menurut cerita dinamakan Pos Kuburan kuda karena banyak kuda yang mati disini, karena kecapean dan ga sanggup lagi menanjak.

Pos selanjutnya adalah Pos Pangalap, masih dengan trek yang extreme dan gw yakin tampang gw udah keliatan “Bego” banget karena kecapean, di Pos ini kita istirahat lumayan lama, sekalian makan siang dan tidur sebentar. Gw malah kepikiran pengen tidur, bukan makan, tapi karena Abang gw galak nyuruh gw makan, jadi harapan buat tidur lama sirnaaaaaa.... disini Nuyy mulai cidera dengkeul (*lamun bahasa gw mah “Dengkul Sengklek”) dan kakinya agak terkilir, ga bisa gantian gendong carriel lagi... (Biar ku pikul beban ini sendiri.. ouuuu ouuuu.. #NyanyiLaguLawas).
Pos Pangalap

Lanjut pendakian menuju Pos Selanjutnya, Pos Tanjakan Seruni, trek makin extreme dan curam, jalan setapak sempit, kanan kiri tanah, dan bebatuan licin (Gw ga tau istilah trek yang seperti bekas jalur air, agak mirip goa gitu deh.. hhahaha). Kayaknya tenaga udah makin abis, gw jalan bareng sama Cici waktu itu, asli udah ga bisa ngobrol lagi, yang dipikirin cape doang (*hhahaa).
Pos Tanjakan Seruni

Setelah Pos Tanjakan Seruni, kita menuju Pos Bapak Tere, ini Pos terkenal sadis dan extreme, sepatu gw ampe kesangkut akar kecil dan akhirnya gw NGEGUBRAG dan jatoh... Kepala Benjol, tangan berasa remuk, karena jatohnya jidat jenong gw duluan, Cici langsung panik, padahal gwnya “Stay Cool” aja. “Malu”nya lebih sakit ketimbang lukanya *hahahhaa. Disini kita berdua udah ngedumel terus, nyalahin Bang Darwin dan Ibo yang ngajak jalur ini.. “Gillaa, bang Darwin, terlalu banget dah, ini mah NYIKSA” kata Cici. Hari semakin sore, rencananya kita bakal ngecamp di Pengasinan, itu berarti masih 3 pos lagi yang harus kita lewatin. Tapi perasaan udah ga sanggup. Dalam hati udah ngedumel terus, badan udah lemes, istirahat sebentar aja udah bisa bikin gw pules.. Ahh,,,, kata emak gw emang bener “Dititah saha atuh nanaekan ka Gunung teh, mendingan ge sare di Imah” hhahahaha..
Pos Bapa Tere
Melewati Pos Bapa Tere, selanjutnya adalah Pos Batulingga, masih dengan tanjakan-tanjakan extremenya, tapi lebih didominasi bebatuan besar dengan tanah lembab ya trek cenderung licin, ga kebayang kalo hujan, mungkin bakalan aliran air. Trek ini yang nganterin kita ke Pos Sangga Buana I. Ditengah Perjalanan gw ketemu Bang Pocong, kalo dia udah arah mau turun. Kita sempet ketemu di Gn. Cikuray, dan ketemu lagi disini. Awalnya gw rencana mau ikut dia kalo ga ada yang mau nganter gw. Gw sempat nanya dia ketemu Ibo atau engga, eh dia bilang Ibo udah hampir sampe Sangga Buana II, gw sama Cici udah makin ngedumel aja. Hahhahahha.
Pos Batu Lingga
Ini Bukan Lobang Semut.. ini adalah Jalur pendakian
Sampe di Pos Sangga Buana I, gw dan Cici udah bener-bener ga kuat, hari juga udah mulai gelap. Kita berdua udah ga mau jalan lagi, kita berdua udah kayak mencaci maki 2 leader itu (*Lirik sini Ibo & Bang Darwin). “Gilaaaaaaaaaaaaaaa.. ini penyiksaan namanya”, gumam kita berdua. Ga lama gw denger suara Ibo dan Bang Darwin.. ahhhh itu seperti suara dua Malaikat penyelamat... Mereka bilang klo udah diriin tenda di jalur menuju sangga buana II, letaknya ga jauh dari Sangga Buana I, Gw ampe nyuruh mereka sumpah kalo mereka ga PHPin kita (*hhahaha..) Tanpa segan dan basa basi, gw kasihin Carriel gw ke Ibo, dan Cici kasih carrielnya dia ke Bang Darwin... (Alhmdulilahhhhhhh.. Plong banget ini pundak).
Ternyata mereka ga PHP, tempat kita ngecamp memang ga terlalu jauh dari pos Sangga Buana I mungkin sekitar 20 menit. Sampai di dataran yang cuman cukup buat nampung 2 tenda itu, si Campo langsung didiriin deh, abis itu gw dan Cici langsung masuk dan ZzZzZzZz (*tidur) tanpa pake bersih-bersih dulu.
Cici (Anget pisan!!)
Tukang Urut !! (*Bang Darwin lagi Ngurut Nuyy)
Udara yang dingin berhasil ngebangunin gw, perut laper, nasi ga ada, karena ga ada air buat masaknya, stok air bener2 terbatas buat Nyummit besok pagi dan perjalanan pulang. Ahh tapi perut lafer, kayaknya kalo cuman cemal cemil mana kenyang, akhirnya Abang gw masakin gw, Nuyy dan Cici mie rebus. Sementara itu Cici yang terus ngerengek minta dianter buat pup, gw kekeuh nanti aja pupnya kalo udah makan, secara ga ada yang bawa sendok, makan mie rebus pun jadi harus pake tangan, ga kebayang gw, kalo Cici pup terus abis itu makan mie pake tangannya, abis itu,,, abiss itu.. IHHHHHHHHH NOOOOOO.... a Cici pun nurut ama gw, walaupun makan sambil nahan hasratnya itu, tapi dia makan paling semangat dan paling banyak.. *Laper ye neng.. hahahaa.. Setelah makan, teteup dah Cici minta anter, Udara dingin diluar tenda bener2 nusuk.. sambil nunggu Cici nya lagi ngegali di pojokan belakang tenda, sesekali gw ngeliat sekitar, gelap sunyi.. hm.. Malem ini bintang lagi banyak, Indah.

Lagi ngayal liatin bintang, buyar gara2 panggilan si Cici yang minta biar gw ga kemana mana “Yang penting Lo keliatan ama gw Ka” teriak Cici, ya udah kearahin senter aja ke muka gw, lebih sereum toh.. *Hahhahaa*. Cici selesai, kita balik tidur, sambil ngebayangin “Bekas” nya Cici di deket tenda, iihhh Ngahiliwir baunyaa... *hahhaa* (*Asli ini chapter ter ga penting sebenernya).

Kado ulang tahun pertama diatas gunung (Makasih Teh Lina & Ibo *kecupBanjir)
Minggu, 18 Agustus 2013

HEY... IT’s MY BIRTHDAY!!!!!!!
Pagi ini kita bakalan NYUMMIT, jam di HP menunjukan pukul 04.30 pagi, awalnya Nuyy dan Cici ga mau ikut, tapi karena “Bisikan”nya Bang Darwin, akhirnya merekapun ikut. Setelah packing makanan dan minuman yang minim, kita pun berangkat!!!

Masih ada 2 pos lagi yang harus dilewatin buat menuju puncak Gn. Ceremai, yaitu Sangga Buana II dan Pengasinan. Trek menuju Sangga Buana II masih sama dengan trek Sangga Buana II yaitu masih berupa tanjakan extreme, bebatuan, dan akar2 pohon besar. Tapi mungkin treknya lebih licin, karena bekas gerimis kemarin ditambah lagi embun pagi ini. Pos Sangga Buana II ini bisa menampung mugkin sekitar 2-3 tenda.

Trek berbatu dan Pasir
View Langit pagi dari Trek Sangga Buana II (Gn. Selamet ngintip)
Melawati Sangga Buana II, trek selanjutnya adalah trek Pasir berbatu besar dan kecil, harus hati2 melewati trek ini, salah2 langkah bisa bahaya buat temen di belakang. Garis langit pagi mulai terlihat orange, kayaknya sih ga bakal sempet buat nikmatin Sunrise di Puncak Gn. Ceremai. Jadi begitu sampai di Pos Pengasinan kita berhenti dan menikmati Sunrise dari Pos ini. Perlahan Matahari muncul dari tempatnya, INDAHHH... ya Pemandangan Matahari Terbit terlihat begitu cantik dan indah dengan awan dan terlihat Siluet Gn. Salamet dan Sindoro Sumbing yang seperti sedang mengintip.
SUNRISE!! dan Cici
Kita melanjutkan perjalan menuju Puncak Ceremai begitu puas menikmati matahari terbit, lagipula pemandangan mulai ketutup kabut. Menurut Bang Darwin untuk sampai ke Puncak perlu waktu 30 menit. Walaupun kalo buat gw terlihat begitu jauh. Empap, Akang jalan duluan, disusul Bang Darwin dan Cici, baru dibelakang gw, Teh Lina, dan Nuyy. Treknya tanah kering dan didominasi akar2 pohon yang sudah mati, dan beberapa ketemu pohon tumbang, mungkin dulu treknya cukup lebar, tapi sekarang terbagi dua, karena terdapat bekas longsoran yang lumayan lebar, gw saranin pake masker, debunya ga kuat banget!!! Matahari pun berasa jadi terik banget. Dan kayaknya disini terdapat sarang Babi hutan, karena setelah setengah perjalanan gw, teh lina, dan Nuyy terus denger suaranya, yang kadang kedengeran mendekat. Kita semua sempet ketakutan. Soalnya cuman ada kita bertiga disitu, ditambah lagi kondisi Nuyy masih dengan dengkul sengkleknya. Mungkin sekitar 30 menit kita bener sampe di Puncak.. YEEEEE... ga kena PHP bang Darwin..
Trek menuju Puncak
BONUS!! Muka Melas Nuyy :))
Pemandangan Kawah terlihat berada ditengah-tengah diantara tebing2 besar yang mengelilingi, langit terlihat begitu biru dan lepas. Tersandar sebuah Papan berwarna kuning yang penuh dengan corat coret tangan iseng, yang tertuliskan “Puncak Panglongokan 3027Mdpl”. Ya inilah Puncak Gunung Ceremai, Gunung Tertinggi di Jawa Barat, tanggal 18 Agustus 2013, tepat 23 tahun umur gw... YEAHHHHHHHHHHHHHH!!!!!!! Selamat datang #23, “Semoga Hidup gw ga sesulit trek-trek Jalur Linggarjati ini.. AMINNNN” (*ini Doa gw yang pertama gw ucapin).. Hahhahaa. Pengen tiup lilin diatas, tapi Rotinya udah dipake sarapan di jalan.. hahha

BIRTHDAY GIRL!!!!!!!!! WELCOME MY #23
Berhubung ini adalah Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 68, maka pendakian ini juga kami persembahan untuk Indonesia Kami, Pertiwi Tercinta, dari kami Anak Pertiwi!! MERDEKAAAAA... :D
DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA #68RI
Foto Bareng!! Full Team
Nuyy & Gw
Nuyy, Ibo, Gw & Cici
Perjalanan turun lebih mengerikan, bukan karena treknya tapi karena kita bener2 keabisan minum, haus aja ditahan, sampe kita di Tenda baru minum sepuasnya, tapi tetep inget buat perjalanan pulang. Kita sampe di Desa Cibunar kira-kira jam 6 sore, start turun sekitar jam 11.35 siang.

Perjalanan yang tak terlupakan banget!!! Satu lagi keindahan Alam Indonesia!!!