Jogja.. I'm in Love (Part 1) "Borobudur & Ketep Pass"

Candi Borobudurr

Sebenernya ini adalah trip gw di pertengahan tahun 2012, emang telat banget kalo baru gw posting sekarang, tapi gw menganggap ini perlu banget buat di posting.. *huehehehhee*... Ya.. Jogja I'm in Love...

Waktu itu gw diajak sama Mba Asti, ownernya Gloria Tour & Travel, gw kenal sama mba Asti ini dikenalin sama mba Eva sahabat gw. Waktu itu gw dikasih kerjaan buat ngerjain blognya Gloria, walaupun gw belum ngerti bgt ttg blogger tapi gw ambil aja (*uang berbicara.. hahhaa). Dari situ gw sering ketemuan sama Mba Asti, ga selalu ngomongin kerjaan, tapi bisa ngomongin apa aja, pokonya orang asik dan rame bgt, ga jarang dia juga minta pendapat gw buat travelnya dia. Gw juga sempet dikenalin sama beberapa temen dia lewat facebook yang juga punya tour. Sampe akhirnya kita janjian mau kopdaran di Jogja. Masalah ijin mamah ayah,, gampang.... kan bawa nama Mba Asti.. hahhaa

Rencananya kita bakalan ketemu sama Mba Dita (Zona Belitung Tour - Belitung), Mba Arie (Go4Fun Holiday-Jakarta), Mas Teo (Krisan Wisata-Jogja), Mas Towil (Towilfiets - Jogja), Mas Agung (Salah satu admin Backpacker Indonesia - Jogja) Mas Limawan (Purawisata Jogja) dan Chiska (Art Shop Batik Rara Djonggrang). Gw sebenernya ga terlalu kenal mereka, tapi kata Mba Asti santai aja "Pokoknya elu ikut aja", dengan gaya bicaranya yang khas.

Setelah tau tanggal pasti yaitu 29 June - 2 juli 2012, gw sibuk cari tiket kereta. karena waktu itu Mba Asti lagi liburan sama keluarganya di Belitung, jadi dia nyerahin ke gw. Berangkat dengan travel dan pulang pake kereta.

Jum'at, 29 Juni 2013
Izin kerja setengah hari, langsung pulang dan ambil ransel yang udah gw isi dengan beberapa pakaian, dan langsung meluncur ke Yasmin, tempat janjian gw sama Mba Asti. Kira2 jam 4 sore mobil travel udah jemput gw, setelah itu jemput mba Asti dirumahnya. Perjalanan cukup lancar, walaupun sempet macet, tapi ga terlalu berartilah,, ditengah perjalanan Mba Asti sempet sakit gigi dan rada demam jadi beberapa kali minta supir travelnya berenti buat nyari obat. Kayakny semua penumpang udah pada tidur, bahkan cowo disamping gw ampe ngorok... (Seriusan gw ga mau lagi pergi pake mobil travel.. serasa tahanan,  ga bisa kemana2).

Sabtu, 30 Juni 2013
Sekitar jam 8 pagi, gw sama mba Asti udah sampe di Guest House "Bunga", yang sebelumnya udah di booking sama Mas Teo. Gw sempet telponin Mba Dita, nanya posisi dia dimana, tapi ternyata baru dijalan ketempat mas Agung jadi pagi ini mba dita ga bisa  gabung sama kita, ya mereka berdua ketemuan di Malang, mas Agung yang baru turun dari semeru, dan mba dita yang baru turun dari bromo. Begitu sampe kita istirahat sebentar dan mandi, karena Mas Teo rencana jemput kita sekitar jam 10an. Sambil nunggu mas Teo datang, gw sama mb asti ngopi2 di depan guest house. tempat yang lumayan nyaman.

Sekitar jam 10an mas Teo datang dan siap ngajak jalan2 kita sekaligus jadi guide kita selama di Jogja. Tujuan pertama kita adalah nyari sarapan Gudeg (hah?? sarapan lagiiii). Mas Teo pun bawa kita kesalah satu warung gudeg yang lumayan terkenal di Jogja "Gudeg Wijilan"..

Mas Teo & Mba Asti
Kita makan di mobil, sambil ngomongin kita mau kemana. Akhirnya Mas Teo ngajak kita untuk mengunjungi Ketepas. Selama perjalanan menuju ketep pass ini tersaji pemandangan pedesaan yang asri dan sungai kering tapi sangat lebar efek dari letusan gn. merapi.

Ketep Pass adalah salah nama sebuah objek wisata di Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah. Ketep Pass ini merupakan Obyek Wisata alam yang dikembangkan dengan ciri khas wisata kegunungapian, khususnya Gunung Merapi.Pada tanggal 17 Oktober 2002, Ketep Pass diresmikan sebagai kawasan wisata jalur Solo–Selo–Borobudur (SSB) oleh Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri. Lokasi Ketep Pass berada di puncak Bukit Sawangan (pertengahan antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu). Ketep Pass berada pada ketinggian 1200 meter dpl dan luas areanya kurang lebih 8000 meter persegi. Ketep pass ini berjarak 21 km dari Mungkid, 17 km dari Desa Blabak ke arah timur, 30 km dari Kota Magelang, 35 km dari Kota Boyolali, dan 30 km dari Candi Borobudur. Dari Kota Salatiga yang berjarak sekitar 32 km, Ketep Pass dapat dicapai melalui Kopeng dan Desa Kaponan. Lokasi obyek wisata Ketep Pass ini mudah dijangkau baik dengan bus besar, minibus, sedan atau sejenisnya maupun sepeda motor karena medan jalannya yang tidak terlalu susah untuk dilewati.

Mejeng duluuuu...
Papan informasi Ketep Pass
Udara disini lumayan dingin, berasa dipuncak... Kata Mas Teo kita lumayan beruntung masih bisa liat Gn. Merapi, karena biasanya siang gini kabut udah menutupi Gn. Merapi.
Patung Garuda
Mba Asti & Gn. Merapi... :D
Setelah puas narsis sana sini, kita pun pulang, tapi sebelum itu ga abdol rasanya kalo ga ngopi dulu di warung jagung bakar disekitar Ketep Pass ini.

Tidak lama kita ngopi2 diwarung ini, dan langsung jalan lagi, mas Teo sempet tanya gw mau kemana, dan gw jawab aja mau ke Borobudur, dulu pernah sih kesana, waktu study tour SMP.. ya SMP... hahhaha. Mas Teo pun mengiyakan, tapi sebelum ke Borobudur gw sempet turun mobil sebentar, buat liat candi Mendut. Sesampainya di kawasan borobudur, kita makan siang sebentar di warung sekitaran Borobudur dan shalat dulu, setelah selesai semua, kita pun segera membeli tiket dan Borobudurrr We're comingggggggggg.........

Borobudur adalah nama sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Lokasi candi adalah kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Monumen ini terdiri atas enam teras berbentuk bujur sangkar yang diatasnya terdapat tiga pelataran melingkar, pada dindingnya dihiasi dengan 2.672 panel relief dan aslinya terdapat 504 arca Buddha.[1] Stupa utama terbesar teletak di tengah sekaligus memahkotai bangunan ini, dikelilingi oleh tiga barisan melingkar 72 stupa berlubang yang didalamnya terdapat arca buddha tengah duduk bersila dalam posisi teratai sempurna dengan mudra (sikap tangan) Dharmachakra mudra (memutar roda dharma).

Hasil Jepretan Mas Teo :D

Depan Candi Borobudur

Jogja disiang hari emang PANASSSSSSSSSSSS.... tapi panas udah ga penting lagi, kalo dikelilingin pemandang pemandangan Indah gini... Keindahan Karya Indonesia, alam dan budayanya emang ga ada abisnya dehh.....

Hari semakin sudah semakin siang, agenda setelah ini jemput Mba Arie dan anaknya T-pot di bandara, dan prepare untuk jamuan makan malam + Nonton Ramayana di Gazebo Purawisata.. What a Wonderful day!!!!